JawaPos Radar

Raih 10 Manfaat Sehat di Balik Bawang Merah

12/01/2018, 09:30 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Raih 10 Manfaat Sehat di Balik Bawang Merah
Ilutrasi bawang merah (ISTIMEWA)
Share this image

JawaPos.com – Bawang merah, merupakan salah satu bumbu dapur yang bisa menambah rasa gurih pada makanan. Bawang menghasilkan iritasi kimia yang bisa merangsang kelenjar mata sehingga melepaskan air mata. Tapi, bawang merah juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Bawang merah memiliki sifat antibakteri dan antiseptik. Dilansir dari Boldsky, Jumat (12/1), bawang merah memiliki sepuluh manfaat bagi kesehatan. Apa saja?

Melawan Kanker

Raih 10 Manfaat Sehat di Balik Bawang Merah
Ilustrasi (ISTIMEWA)

Bawang merah menghancurkan sel kanker payudara dan usus besar. Bawang merah mengandung kadar quercetin dan antosianin yang tinggi. Dua senyawa ini memprovokasi sel kanker dan menghambat pertumbuhannya.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bawang merah mengandung flavonoid yang berkontribusi terhadap kesehatan jantung. Mereka juga kaya akan memiliki organosulfur, yang mencegah risiko penyakit kardiovaskular. Bawang juga mengandung tiosulfinat yang berperan sebagai pengencer darah alami dan mengurangi risiko serangan jantung.

Turunkan Gula Darah

Bawang merah bisa menurunkan kadar gula darah. Senyawa sulfur dalam bawang merah memiliki efek menguntungkan pada gula darah.

Kesehatan Pencernaan

Bawang mengandung serat yang menguntungkan usus. Serat ini bila dikonsumsi dapat meningkatkan kesehatan bakteri baik. Bawang mencegah diare dan sembelit dan baik bagi pencernaan.

Baik bagi Tulang

Bawang merah dapat mencegah osteoporosis atau tulang keropos. Perempuan yang makan bawang secara teratur memiliki massa tulang 5 persen lebih banyak daripada mereka yang tidak.

Mencegah Alergi

Senyawa pada bawang dapat mencegah peradangan. Bawang juga memiliki kemampuan untuk mengobati berbagai jenis alergi. Bawang mengurangi sakit kepala sinus dan hidung tersumbat karena senyawa sulfur di dalamnya bisa memecah lendir.

Memperbaiki Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang mengandung selenium yang memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan merangsang fungsi kekebalan tubuh. Makan bawang bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan semua jenis infeksi.

Kesehatan Paru-paru

Sifat anti inflamasi pada bawang merah juga dikenal untuk membantu pasien asma. Orang yang menderita masalah pernapasan seperti asma dan alergi bisa lebih lega dengan rutin makan bawang.

Prebiotik

Bawang mengandung prebiotik yang bisa memperbaiki pola tidur dan mengurangi stres. Bakteri yang menguntungkan di usus mencerna serat prebiotik dan meningkatkan kesehatan usus. Sehingga mempengaruhi fungsi otak dan menginduksi waktu tidur.

Bagus untuk Mata

Bawang mengandung belerang yang bagus untuk mata. Bawang meningkatkan kesehatan mata dengan merangsang produksi protein yang disebut glutathione, yang bertindak sebagai antioksidan. Selain itu, mineral selenium dalam bawang menambah vitamin E bagi mata.

(ika/*/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up