JawaPos Radar

Ladies Catat 6 Kiat Make-up Cantik untuk Kulit Berminyakmu

11/07/2018, 11:56 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Ladies Catat 6 Kiat Make-up Cantik untuk Kulit Berminyakmu
Ilustrasi penggunaan make-up pada kulit berminyak. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Mendapatkan hasil make-up yang cantik diperlukan cara aplikasi produk yang tepat. Sebab setiap kulit memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Misalnya, foundation untuk kulit normal tentunya tidak akan cocok jika digunakan ke wajah berminyak. 

Dilansir dari Hello Magazine, Rabu (11/7), menurut seorang beauty influencer, Alex Light, kulit berminyak cenderung sensitif terhadap make-up yang memiliki kandungan minyak (oil-based). Hasil riasan pun menjadi mudah luntur karena tekstur kulit yang lembap. Namun jangan khawatir masalah tersebut dapat diatasi dengan cara mudah. Apa saja itu? Inilah 6 kiat yang harus diperhatikan.

1. Rajin Bersihkan Kulit

Ladies Catat 6 Kiat Make-up Cantik untuk Kulit Berminyakmu
Ilustrasi penggunaan bedak tabur pada kulit berminyak. (Istimewa)

Hal pertama, Anda harus menyiapkan kulit dengan baik sebelum di make-up. Sangat penting melakukan perawatan kulit untuk menjaga tingkat kelembapan yang ideal. Bersihkan dua kali sehari, tetapi tidak lebih dari itu karena kulit bisa iritasi. Cobalah gunakan pembersih berbahan dasar air (water-based) untuk mengangkat kotoran pada wajah atau bisa juga milk cleanser.

"Pengelupasan kulit yang lembut juga penting untuk menjaga kulit tetap halus dan bebas dari kulit mati, dan Anda juga dapat mencoba menggunakan pelembap yang bebas minyak. Anda harus mencari produk yang mengandung asam hyaluronic, humektan yang menarik kelembapan ke kulit," ungkap Alex.

2. Gunakan Primer Make-up

Cobalah menggunakan primer yang dapat menghidrasi kulit sekaligus memiliki kandungan bebas minyak. Biasanya produk ini dikemas dengan asam hyaluronic dan tidak merusak lingkungan. Begitu pun dengan primer eyeshadow, warna akan bertahan seharian.

3. Pilih Foundation yang Tepat

Untuk mencegah kulit berminyak dan mengilap, Anda butuh foundation bebas minyak yang mampu bertahan sepanjang hari. Untuk itu gunakan foundation cair yang lebih ringan. Selain itu untuk menyerap kandungan minyak, pilih jenis matte. Terapkan dengan beautyblender untuk hasil yang cepat dan sempurna.

4. Gunakan Bedak Tabur

Produk-produk cair dan krim akan mudah luntur atau meleleh saat cuaca panas, jadi terapkan bedak tabur di seluruh wajah terutama di sekitar garis halus seperti area bawah mata dan area wajah yang sangat berminyak. Pilih bedak tabur berbasis mineral dan terapkan concealer under eye untuk menyempurnakannya.

5. Kenakan Maskara Waterproof

Anda membutuhkan maskara heavy-duty untuk memastikan riasan mata Anda tetap tajam sepanjang hari. Pilih maskara berbasis waterproof untuk hasil yang sempurna dan tidak luntur.

6. Gunakan Penyerap Minyak

Perlu untuk membawa kertas penyerap keringat atau oil control film untuk menghilangkan kilau berlebih di kulit. "Anda perlu menjaga T-zona dengan menggunakan kertas minyak," kata Alex.

(ce1/fid/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up