JawaPos Radar | Iklan Jitu

Dapatkan Uang Jajan dengan Instan, 'Ayam Kampus' Inginkan Berhenti

10 November 2018, 10:03:09 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
pekerja seks komersial, ayam kampus, bayaran ayam kampus, tarif ayam kampus,
ILUSTRASI. Mahasiswi rela berprofesi sebagai ayam kampus guna memenuhi gaya hidup mewah. (The Montserrat Reporter)
Share this

JawaPos.com - Fenomena 'ayam kampus' memang menjadi perbincangan tersendiri dikalalangan kampus hingga masyarakat. Seakan menutup mata dan telinga, beberapa mahasiswi tetap memilih profesi 'ayam kampus' guna memenuhi kebutuhan mewahnya. Berdasarkan data Yayasan Kaki, sebanyak 4 dari 10 perempuan memilih profesi sebagai 'Ayam Kampus'.

Namun, dengan segala kemewahan yang didapatkannya secara instan, mungkinkah mahasiswi 'ayam kampus' berhenti dari profesinya?

Melati (bukan nama sebenarnya), mahasiswi salah satu universitas mengatakan sudah lebih dari 2 tahun menjalani profesi tersebut. Tapi, saat ini sudah berangsur sadar. Dia mengaku ingin menjadi pribadi yang lebih baik.

"Saya ingin berubah saja, mulai sadar kalau itu rentan dengan kesehatan. Malu juga kalau lihat orang tua mengajarkan agama. Sudah enam bulan ini sih saya belum menjalankan profesi itu lagi," katanya saat berbincang dengan JawaPos.com baru-baru ini.

Melati juga belum berpikir apakah akan mengulangi dan kembali ke jalan yang gelap tersebut. Dirinya berusaha menjalani pekerjaan sebagai seorang barista untuk tambahan penghasilan.

"Saya mau kerja di kafe saja jadi barista. Memang sih dapatnya enggak instan atau enggak banyak kayak sebelumnya, tapi saya mau coba jadi diri yang lebih baik, semoga bisa," tuturnya tertawa.

Selain itu, ia pun berusaha melindungi dirinya dari penyakit HIV/AIDS. Sebab ia sadar kalau pekerjaannya sangat rentan dengan penyakit menular.

"Biar bagaimanapun saya masih peduli untuk jangan sampai ambil risiko. Makanya saya juga lihat-lihat pilih-pilih mana yang orangnya rapi. Jadi penularan HIV AIDS ikut saya cegah," tegasnya.

Pilihan berhenti sebagai 'ayam kampus' pun dilakukan Mawar (bukan nama sebenarnya). Saat ini ia sudah hijrah dan meninggalkan kehidupannya sebagai 'ayam kampus'. Mawar juga akhirnya memiliki pasangan kekasih dan meresmikan hubungannya ke jenjang pernikahan. 

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up