Cara Mudah Meremajakan Kulit Wajah dengan 5 Masker Buah

10/09/2018, 12:47 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Ilustrasi masker alami untuk meremajakan kulit. (Arabia Weddings)
Share this image

JawaPos.com - Kulit yang mulus dan bercahaya bisa membuat perempuan lebih percaya diri. Tak hanya dengan perawatan mahal, masker buah pun dapat membuat kulit lebih terawat dan muda.

Seperti diketahui, seiring dengan bertambahnya usia, kulit akan kehilangan elastisitasnya. Apalagi jika terlalu stres dan terkena paparan polusi, kulit bisa terlihat kusam. Oleh karena itu, peremajaan kulit perlu dilakukan.

Dilansir dari Healthy Guide, Senin (10/9), sebenarnya ada beberapa cara bisa dilakukan untuk meremajakan kulit. Diantaranya rutin melakukan latihan fisik setiap hari untuk membersihkan zat-zat beracun dari tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, juga dapat ditunjang dari makanan dari bahan alami bermanfaat seperti buah-buahan.

Kulit jeruk bisa digunakan untuk masker wajah. (India Today)

Tapi, tahukah Anda selain menyerap kandungan buah-buahan dari dalam, manfaat buah juga bisa diambil kulit dengan menjadikannya masker. Masker buah bisa membuat wajah lebih bercahaya dan segar.

Lalu, bagaimana cara membuat masker buah untuk wajah?

1. Kulit Jeruk

Kaya akan asam sitrat, vitamin C, dan antioksidan lainnya, kulit jeruk dapat mengurangi noda kulit dan menjaganya tampak lebih muda serta sehat dari dalam ke luar. Vitamin C dan asam sitrat yang terkandung dalam kulit jeruk dapat membantu membersihkan dan mengeksfoliasi, serta mengencangkan kulit Anda secara efektif.

Caranya parut kulit jeruk dan keringkan di bawah sinar matahari. Buat campuran masker dengan menambahkan 2 sdt tepung gram dan 1 sdt kulit jeruk kering dan 1 sdt susu. Oleskan ke wajah Anda menggunakan tangan dan bilas setelah lima belas menit.

2. Pisang

Pisang sangat bermanfaat untuk meremajakan kulit, terutama kulit kering, berkat sifat pelembapnya. Ini juga dapat membantu banyak dalam melawan garis-garis halus, keriput, dan tanda-tanda penuaan lainnya. Buah berkulit kuning ini merupakan sumber vitamin C dan vitamin B6 yang sangat baik untuk menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit.

Untuk membuat masker cukup hancurkan pisang ukuran sedang dan tambahkan sekitar 2 sendok madu dan 4 5 tetes minyak zaitun. Aduk hingga rata dan aplikasikan pada wajah. Bilas setelah dua puluh menit untuk mendapatkan kulit yang lentur, terlihat bercahaya, dan halus.

3. Pepaya

Pepaya adalah sumber vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang sangat baik. Selain itu, memiliki sifat antioksidan yang dapat untuk meremajakan kulit di bawah mata, di tangan, dan wajah secara alami di rumah. Ini juga bagus untuk menyembuhkan jerawat, flek hitam, dan noda.

Masker buah pepaya bisa dibuat dengan campuran ½ sdt jus lemon segar, 1 sdm madu, dan 2 sdm dari pepaya yang sudah dihancurkan. Terapkan ini pada kulit wajah Anda. Setelah lima belas menit, bilas menggunakan air hangat. Terakhir, percikkan air dingin ke kulit wajah. Gunakan masker wajah ini 1 kali seminggu untuk mendapatkan kulit cantik.

4. Mentimun

Kandungan air mentimun yang tinggi bisa melembabkan dan menghaluskan untuk kulit Anda. Sifatnya astringent menguntungkan kulit yang terbakar sinar matahari dan dapat meremajakan kulit di wajah, tangan, dan di bawah mata secara alami. Selain itu, antioksidan dalam mentimun dapat membantu mempertahankan kulit yang bersih, tampak lebih muda, dan bercahaya.

Campur jumlah parutan bubur semangka dan mentimun bersamaan. Tambahkan beberapa tetes perasan lemon dan kemudian gunakan sebagai masker wajah Anda. Biarkan mengering, dan kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan masker wajah ini beberapa kali seminggu.

(fid/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi