alexametrics

Cobalah 7 Khasiat Air Parutan Jahe Bagi Kesehatan

10 Februari 2019, 09:13:20 WIB

JawaPos.com – Tak diragukan lagi, jahe adalah salah satu rempah yang paling baik sebagai obat. Sejak zaman China kuno, Romawi kuno hingga India, selain menjadi bumbu, akar jahe menawarkan beragam kegunaan.

Untuk merasakan manfaat dari jahe bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya lewat air perasan atau parutan jahe (jus). Ada dua cara mudah membuat air perasan jahe di rumah seperti dilansir dari NDTV, Minggu (10/2).

Pertama, cukup dengan memarut jahe segar. Tempatkan mangkuk di bawah alat parutan untuk mengumpulkan hasil parutan jahe. Selanjutnya, masukkan semua jahe parut ke dalam kain tipis, bungkus, dan peras dengan air. Taruh gelas atau mangkuk kosong untuk menyaringnya jus. Bisa disimpan untuk digunakan dua kali.

manfaat jahe, minuman jahe, khasiat jahe,
Jahe bisa jadi perawatan alami dan efektif untuk jerawat dan bekas jerawat. (Acne)

Dalam metode lain, bisa juga menggunakan juicer atau mixer untuk mengekstrak jus jahe. Tambahkan potongan jahe kecil bersama dengan air dan blender. Keluarkan potongan jahe dan letakkan di kain tipis. Peras jusnya dan siap digunakan. Jus jahe itu bisa langsung diminum dengan secangkir teh ditambah madu.

Dan ingat, air parutan jahe segar hanya akan bertahan selama 1 atau 2 hari karena bersifat alkali. Sehingga tak bisa tahan lama. Namun untuk membuatnya lebih awet, bisa menyimpan air parutan jahe di dalam kulkas. Manfaatkan air parutan jahe secara rutin, maka raih 7 khasiatnya.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Air parutan jahe mengandung minyak atsiri yang dapat membantu proses pencernaan. Minum campuran jus jahe, garam dan jeruk nipis sebelum atau sesudah makan membuat pencernaan lebih sehat dan lebih mudah untuk mencerna makanan.

Meredakan Dahak

Air parutan jahe memiliki sifat antibakteri yang luar biasa. Mengonsumsinya dengan lada kering dapat membantu menghilangkan lendir di paru-paru. Untuk menyembuhkan flu, campurkan jus jahe dan madu dalam jumlah yang sama dan minum hangat-hangat setidaknya 2-3 kali sehari.

Pereda Nyeri

Air parutan jahe dikenal karena sifat anti-inflamasinya dan bertindak sebagai pereda nyeri. Obat yang sangat efektif untuk sakit punggung. Cukup dengan mencampur sesendok air jahe dengan minyak zaitun dan memijatnya di kulit yang sakit. Biarkan semalaman dan akan merasa lega keesokan paginya. Cara ini juga dapat menyembuhkan sakit gigi atau sakit kepala migrain. Untuk sakit gigi, oleskan sedikit air jahe di antara pipi dan gigi dan biarkan beberapa menit. Untuk migrain, minumlah dua sendok makan jus jahe dengan madu. Lalu jus jahe juga bisa dioleskan pada perut.

Kendalikan Tekanan Darah

Dalam bukunya, ‘The Healing Herbs,’ penulis kesehatan terkenal Michael Castleman menjelaskan bahwa senyawa kimia tertentu dalam jahe dapat mengurangi hipertensi atau tekanan darah tinggi. Jahe mencegah pembentukan gumpalan darah di arteri dan pembuluh darah. Menurut Castleman, senyawa kimia dalam jahe juga dapat menurunkan kadar kolesterol darah secara keseluruhan serta lipoprotein densitas rendah (kolesterol jahat) yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Dianjurkan untuk mengonsumsu satu sendok makan air jahe segar dua kali sehari. Namun tetap konsultasikan dulu sebelumnya.

Hilangkan Bau Mulut

Air jahe juga dapat menghilangkan bau mulut. Vitamin C dalam air parutan jahe membunuh bakteri di mulut yang menyebabkan bau mulut. Campurkan sesendok jus jahe dengan air jeruk nipis dan kumur selama beberapa menit.

Obat Jerawat

Jahe diketahui memiliki sifat anti-inflamasi. Sehingga jahe bisa jadi perawatan alami dan efektif untuk jerawat dan bekas jerawat. Anda dapat langsung mengoleskan sedikit perasan jahe pada area yang sakit dan diamkan selama 5 menit. Bilas dengan air dingin dan biarkan mengering. Vitamin C dalam air parutan jahe dapat membersihkan noda. Atau bisa menggunakan airnya untuk membuat teh jahe yang bagus untuk detoksifikasi kulit. Seduh jahe dengan teh, lalu tambah madu dan serai untuk kecantikan.

Baik Untuk Rambut

Minum air jahe secara teratur bisa memberi manfaat rambut panjang dan kuat. Dengan mencampurkan bawang putih dan air jahe lalu mengoleskannya ke kulit kepala dapat membantu rambut tumbuh tebal dan kuat. Pastikan menerapkannya pada kulit kepala dengan benar. Bisa pula menghilangkan ketombe.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Cobalah 7 Khasiat Air Parutan Jahe Bagi Kesehatan