alexametrics

Miliki Rambut Sehat dengan 4 Langkah Perlindungan Saat Musim Panas

9 Juli 2019, 15:25:13 WIB

JawaPos.com – Musim panas membuat rambut gampang lepek dan kering. Belum lagi, sinar UV dan polusi udara saat musim panas bisa memengaruhi kesehatan rambut. Tak heran jika rambut jadi mudah ketombe, patah hingga kering.

Untuk itu, diperlukan perawatan ekstra agar rambut tetap sehat. Tentunya, keindahan rambut akan meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Jangan sampai, Anda terlihat kotor dan bau saat bertemu dengan orang lain.

Perawatan rambut sangat penting, terlebih jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan bahkan traveling. Nah, untuk menjaga rambut tetap indah dan sehat saat musim panas, ada 4 langkah perawatan untuk melindungi rambut seperti dilansir dari Good House Keeping, Selasa (9/7).

1. Cobalah Masker Rambut

Masker rambut yang baik akan mengisi kembali kelembapan yang hilang. Bahkan, masker dapat membantu rambut mendapatkan kembali kekuatan dan elastisitasnya. Sehingga mencegah ujung-ujung yang berjumbai dan kerusakan. Usahakan gunakan formula wangi musim panas untuk menambah mood sukacita di musim panas.

Gunakan masker rambut untuk menjaga kelembapan. (StyleCraze)

“Mereka (masker rambut) biasanya diaplikasikan pada rambut basah dan dibiarkan, untuk memungkinkan produk menyerap sebelum dibilas, meskipun ada beberapa (masker) yang dapat diterapkan langsung ke rambut kering,” ujar Pauline Hui, Beauty Testing Manager di Good Housekeeping Institute.

2. Gunakan Serum Rambut

Suhu yang panas bisa membuat rambut jenis apa pun kusut dan mengembang. Sebaiknya gunakan serum rambut untuk memulihkan dan merapikan rambut.

“Semakin besar kadar air di udara, emakin besar kemungkinan ia akan memasuki batang rambut Anda, membasahi helai rambut dan menyebabkannya kusut,” jelas Anabel Kingsley, Trichologist di Philip Kingsley.

Sehingga, serum rambut akan bekerja untuk menghaluskan rambut kusut sekaligus menambahkan kilau, membuat rambut Anda terlihat sehat.

3. Rawat Kulit Kepala

Sama seperti wajah Anda, kulit kepala Anda bisa menjadi kering dan sensitif ketika terkena sinar matahari. Misalnya, menggunakan masker kulit kepala mingguan yang menenangkan di musim panas.

“Itu cara yang baik untuk melembapkan kulit kepala Anda. Toner kulit kepala juga menghidrasi setiap hari, bisa sangat bermanfaat. Kulit kepala yang sehat adalah kunci untuk pertumbuhan rambut,” ujar Anabel.

4. Jauhi Kandungan Sulfat

Sulfat umumnya ditemukan dalam formula sampo. Mereka adalah surfaktan yang menghasilkan busa yang berlimpah. Meskipun sebagian besar tidak berbahaya dan banyak digunakan, Anda perlu memerhatikan penggunaannya. Ada baiknnya manfaat beralih ke sampo bebas sulfat terutama di bulan-bulan musim panas.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah