alexametrics

Beberapa Alasan Ini Membuat Seseorang Ingin Operasi Selaput Dara

9 Maret 2019, 10:09:05 WIB

JawaPos.com – Dalam budaya Indonesia, status keperawanan masih dianggap sangat penting. Indikator kuat bahwa seseorang dikatakan perawan adalah dilihat dari utuh atau tidaknya selaput dara.

Oleh karenanya, masih ada beberapa perempuan yang berniat untuk menjalankan operasi selaput dara atau Hymenorrhaphy. Meskipun, tak banyak yang ingin melakukannya.

“Operasi selaput dara tentunya mengembalikan jaringan selaput dara yang sudah robek, kemudian disatukan kembali,” kata dr. Ni Komang Yeni Dhana Sari, Sp.OG, Gynecologist, ketika ditemui di RSPI Puri Indah, Jakarta Barat, belum lama ini.

Beberapa Alasan Ini Membuat Seseorang Ingin Operasi Selaput Dara
dr. Ni Komang Yeni Dhana Sari, Sp.OG, Gynecologist, ketika ditemui di RSPI Puri Indah, Jakarta Barat, Rabu (6/3). (Inri Sembiring/JawaPos.com)

Gynecologist selalu mengingatkan bahwa operasi selaput dara tujuannya untuk mengembalikan secara anatomi seperti semula, bukan untuk mengembalikan status keperawanan. Ada beberapa alasan seseorang dalam menjalankan operasi Hymenorrhaphy.

“Ya, banyak karena mau menikah takut kalau misalnya pasangan tahu bahwa selaput dara sudah tidak perawan. Padahal, sebenarnya pacarnya, orang awam juga tidak bakal tau juga,” tambah Ni Komang Yeni Dhana Sari.

Selain itu, lanjutnya, ada juga karena kualifikasi suatu pekerjaan seseorang yang harus melakukan check-up selaput dara. Sehingga, ketika mendaftar pekerjaan atau sekolah merasa perlu mengembalikan selaput dara menjadi utuh.

Hingga saat ini, ada beberapa mitos yang masih beredar bahwa pertama kali berhubungan seksual selaput dara harus berdarah, padahal tak selalu seperti itu. Sebab, selaput dara seseorang berbeda-beda.

Pada intinya adalah yang mengetahui persis tentang selaput dara normal atau tidaknya adalah pihak kedokteran. Robeknya selaput dara juga tak harus selalu karena berhubungan seksual. Tapi, bisa juga karena aktivitas fisik seperti olahraga.

Editor : Novianti Setuningsih

Reporter : Inriyani Sembiring

Beberapa Alasan Ini Membuat Seseorang Ingin Operasi Selaput Dara