alexametrics

Lebih Sehat dan Bercahaya, Cegah Iritasi Kulit dengan 5 Langkah

8 Maret 2019, 10:50:18 WIB

JawaPos.com – Perubahan cuaca, polusi, dan gaya hidup tak sehat bisa membuat iritasi pada kulit wajah. Penampilan wajah yang ‘kotor’ tentu bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Seperti diketahui, iritasi atau gangguan kulit wajah maupun tubuh lainnya yang paling umum adalah kering, jerawat, dan merah-merah. Biasanya, perawatan kulit pun dilakukan agar masalah kulit bisa hilang. Tapi tentunya membutuhkan waktu untuk mengobatinya.

Nah, sebelumnya iritasi kulit menghampiri, tak ada salahnya perhatikan 5 langkah berikut. Dilansir dari Healthline, Jumat (8/3), kelima langkah tersebut dianggap bisa mencegah gangguan pada kulit.

tips kecantikan, cara merawat kulit, langkah cegah kulit iritasi, kulit iritasi,
Minum cukup air putih agar kulit tetap lembap. (Istimewa)

1. Minum Air Putih yang Cuup

Minumlah cukup air putih. Air dari dalam tubuh akan melembabkan kulit dan mencegah garis-garis dehidrasi seperti kerutan. Dengan mengosumsi air putih yang cukup, bisa membantu permasalahan kulit yang kering atau jerawat.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Hindari makanan yang bisa menyebabkan iritasi atau gangguan kulit seperti gluten, susu, dan gula secara teratur. Makanan tersebut dapat menyebabkan jerawat serta sejumlah masalah kulit lainnya.

Jika ingin memperoleh kulit yang bersinar, konsumsilah makanan nabati. Misalnya pepaya yang mengandung vitamin A sehingga berpotensi  mengurangi risiko timbulnya jerawat.

Kandungan vitamin E-nya juga dapat membantu menjaga penampilan kulit Anda dan kesehatan secara keseluruhan. Selain pepaya, ada juga sayur kubis yang mengandung vitamin C, lutein, karotenoid dan antioksidan. Terakhir Alpukat karena memiliki lemak baik, yang bisa membuat kulit Anda terasa lebih kenyal.

3. Tidur Cukup

Tidur cukup adalah suatu keharusan, terutama jika kulit Anda tidak terlihat terbaik. Idealnya sekitar tujuh hingga sembilan jam semalam.

Tubuh yang kurang tidur adalah tubuh yang stres. Tubuh yang stres akan melepaskan kortisol, yang bisa menghasilkan garis-garis halus hingga jerawat. Terlebih lagi, kulit Anda menghasilkan kolagen baru saat Anda tidur, yang dapat membantu mencegah penuaan dini.

4. Keluarkan Keringat

Berkeringat melalui olahraga atau sauna akan membuat pori-pori terbuka dan mengeluarkan penumpukan zat kotor di dalamnya. Sehingga juga dapat membantu mencegah berjerawat. Berolahraga juga memiliki manfaat tambahan yaitu mengurangi stres.

5. Gunakan Produk Alami Seperti Madu

Ketika kulit Anda menunjukkan tanda-tanda kering atau jerawat, gunakanlah produk-produk berbasis madu. Bahan ini sangat bagus karena tidak hanya antibakteri dan antimikroba, tetapi juga berfungsi sebagai humektan pelembab. Cobalah oleskan madu untuk masker selama 30 menit, kemudian bilas.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Inriyani Sembiring

Copy Editor :

Lebih Sehat dan Bercahaya, Cegah Iritasi Kulit dengan 5 Langkah