alexametrics

Waktu Terbaik Untuk Melakukan Pengelupasan Kulit, Pagi Atau Malam?

8 Februari 2019, 09:00:43 WIB

JawaPos.com – Pengangkatan sel kulit mati dengan cara melakukan pengelupasan atau exfoliation kulit wajah memang harus dilakukan secara rutin. Baik dengan teknik pengelupasan jenis physical (scrub) dan chemical (liquid). Keduanya sama-sama berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati yang ada di wajah.

Tetapi, sebenarnya kapan sih waktu yang tepat untuk melakukan pengelupasan kulit wajah?

“Banyak orang memiliki spesifik waktu terbaik untuk melakukan pengelupasan kulit wajah, tetapi itu benar-benar tergantung pada kebiasaan dan gaya hidup individu,” kata dokter kulit Harold Lancer, MD, dilansir dari Refinery29, Jumat (8/2).

Sehingga, waktu pengelupasan kulit wajah bisa dilakukan baik siang ataupun malam tergantung kebutuhan wajah. Misalnya ungkap Harold, jika seseorang memakai make up setiap hari, exfoliation kulit wajah baiknya dilakukan pada malam hari. Sebab, akan membantu mengangkat sisa partikel make up dari kulit.

Tetapi, jika wajah Anda kusam atau memiliki kulit cenderung berminyak, pengelupasan kulit di pagi hari adalah yang terbaik. Di luar itu, Dermatologis dr. Karyn Grossman, MD, mengungkapkan ia lebih merekomendasikan pengelupasan kulit wajah di pagi hari.

“Secara umum, pasien harus fokus pada perlindungan di pagi hari dan perbaikan di malam hari,” kata dr. Karyn Grossman MD, sebagai Dermatologis.

Ia menemukan bahwa sebagian besar pasien perawatan kulit yang ditanganinya cenderung menggunakan produk dengan konsentrasi atau bahan yang lebih kuat di malam hari seperti retinol. Jadi, ketika menambahkan pengelupasan pada malam hari justru dapat meningkatkan potensi iritasi.

Tetapi, terlepas dari kapan Anda melakukan eksfoliation, disarankan untuk selalu memakai produk yang lembut dan scrub super halus. Ini untuk menghindari kerusakan pada kulit.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Inriyani Sembiring

Waktu Terbaik Untuk Melakukan Pengelupasan Kulit, Pagi Atau Malam?