Catat 7 Resep Bawang Merah Untuk Masalah Kulit

07/08/2018, 12:16 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Bawang merah ternyata miliki khasiat untuk atas masalah kulit seperti jerawat hingga pigmentasi. (Cooking Light)
Share this

JawaPos.com - Bawang merah tak hanya bermanfaat sebagai penyedap dalam masakan. Ternyata si mungil bawang merah bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit secara alami. Mulai dari jerawat, noda hitam, hingga persoalan radikal bebas dan pigmentasi.

Bawang merah memiliki beberapa manfaat kesehatan karena mengandung antioksidan dan mineral. Selain itu, bisa menjadi sumber kaya flavonoid dan Vitamin A, Vitamin C serta Vitamin E. Karena itu, bawang merah bisa membantu melindungi kulit kita dari sinar UV matahari.

Bahkan, dengan sifat antioksidan, bumbu dapur berwarna merah ini bisa membantu mengeluarkan racun dari darah. Sehingga, bawang merah juga bisa mengatasi beberapa masalah kulit seperti infeksi, bekas luka, radang, dengan sifat antibakteri, antiseptik dan anti-peradangan.

Bawang merah ternyata miliki khasiat untuk atas masalah kulit seperti jerawat hingga pigmentasi. (Istimewa)

Dilansir dari Boldsky, Selasa (7/8), ada tujuh langkah atau resep yang menggunakan bawang merah untuk mengatasi masalah kulit. Resep rumahan itu bisa dibuat sendiri dengan mudah.

Melawan Jerawat

Gunakan 1 sendok makan jus bawang dan 1 sendok makan minyak zaitun. Caranya potong bawang menjadi potongan kecil dan memarutnya. Peras bawang lalu tambahkan minyak zaitun ke dalamnya dan campurkan kedua bahan dengan baik. Celupkan kapas ke dalam campuran bahan tersebut dan gunakan di area jerawat. Diamkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Gunakan sekali dalam sehari untuk hasil yang lebih cepat dan lebih baik.

Memperlambat Penuaan

Gunakan 1 bawang merah berukuran besar. Lalu memotongnya menjadi potongan-potongan kecil. Hancurkan bawang hingga menjadi halus. Sekarang celupkan bola kapas ke dalam pasta bawang dan kemudian oleskan ke seluruh wajah dan leher yang telah dibersihkan. Biarkan selama 20 menit dan kemudian bilas dengan air biasa. Lakukan obat ini secara teratur maka akan meningkatkan aliran darah sehingga kulit lebih kencang dan tampak muda.

Menghilangkan Noda

Sediakan 1 sendok teh bawang yang dihaluskan. Dicampur dengan 1 sendok teh perasan lemon. Oleskan ini di wajah dan kemudian bilas dengan air hangat setelah 20 menit.

Kulit Lebih Terang

Gunakan 1 bawang kecil. Lalu potong menjadi dua bagian lalu menggosok setengah bagian bawang ke seluruh kulit dan leher. Biarkan selama 10 menit dan kemudian bersihkan dengan air biasa. Antioksidan yang terkandung dalam bawang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Sehingga kulit cerah dan bercahaya.

Menghilangkan Bintik-bintik Gelap

Gunakan 1 sendok makan jus bawang dan 1 sendok makan yogurt. Tambahkan sedikit tetes minyak lavender. Campurkan dalam mangkuk bersih. Lalu massage atau pijat lembut wajah dengan ujung jari.

Kulit Wajah Lebih Segar

Gunakan 2 sendok makan jus bawang dan 1 sendok makan tepung terigu serta 1 sendok teh susu. Campur seluruhnya seperti krim. Kemudian oleskan di wajah biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air biasa.

Mengobati Masalah Pigmentasi

Gunakan 1 sendok makan jus bawang. Tambahkan sejumput kunyit. Campurkan seperti pasta dan oleskan ke wajah dan leher. Kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan sebelum tidur hingga sampai terasa perbedaannya.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi