Ivan Gunawan Terapkan Bordir Khas Kudus Dalam Setiap Rancangannya

06/02/2017, 13:40 WIB | Editor: Ilham Safutra
Koleksi Bordir Ivan Gunawan di Indonesia Fashion Week 2017 (Rieska Virdhani/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Usai ikut tampil sukses di Indonesia Fashion Week (IFW) 2017, desainer Ivan Gunawan bakal mengembangkan busana bordir asal Kudus, Jawa Tengah. Upaya itu untuk membuat para perajin semakin maju.

Untuk itu, Ivan mengajak perajin Kudus untuk terlibat langsung dalam karyanya dalam sentuhan bordir. Apalagi hingga kini hampir 80 persen bordir karya Ivan dikerjakan di Kudus. 

"Saya memang diminta Bupati Kudus angkat bordir Kudus agar bisa dikenal di ibukota. Saya mulai dari Jakarta karena media di Jakarta kan luar biasa. Sebagai langkah awal bagi teman-teman perajin Kudus lebarkan sayapnya," kata Ivan.

Saat menyulap bordir Kudus menjadi pakaian-pakaian anggun, membuat koleksi Ivan bercerita tentang mimpi. Dia memilih warna-warna pastel digabungkan dengan warna-warna terang yang mencolok seperti kuning dan shocking pink. "Para perajin pasti bangga melihat karya mereka di ajang perhelatan sebesar ini. Fashionista jangan hanya melihat produk dari luar tapi Indonesia juga punya yang terbaik," tuturnya.

Ivan menjelaskan kain bordir Kudus kini semakin memiliki nilai tambah setelah dibawa ke ajang IFW 2017. Contohnya, kata dia, koleksi pakaian bordir Kudus besutan Ivan sudah laris terjual 60 persen sebelum peragaan busana. "Saya belum tampil saja, koleksi bordir Kudus saya tinggal 40 persen lagi laku terjual. Kita harus mau tampilkan yang out of the box lewat bordir Kudus ini. Jika biasa-biasa saja rasanya kurang asoy," tutur Ivan.

Inspirasi Ivan mengangkat bordir Kudus dimulai dari pertemuan sederhana antara Ivan dengan para perajin saat menghadiri acara bincang santai dengan Bupati Kudus soal seni. Ini kali kedua bagi Ivan mengangkat daerah Kudus, setelah sebelumnya Ivan juga sudah mengembangkan batik Kudus dalam karyanya pada label Jajaka.

"Ini pertemuan yang tak disengaja. Bordir Kudus ini adalah langkah awal bersama para perajin Kudus sebagai pintu awal pembuka langkah mereka ke ajang yang lebih luas lagi," (cr1/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi