JawaPos Radar

Tak Hanya Sekedar Menghirup, Nikmati Biji Kopi Terbaik dengan Cara Ini

03/07/2018, 08:00 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Tak Hanya Sekedar Menghirup, Nikmati Biji Kopi Terbaik dengan Cara Ini
Biji kopi. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Pencinta kopi pasti memahami cita rasa yang terbaik. Indonesia merupakan negara yang besar dengan biji kopinya. Setiap daerah punya biji kopi dengan cita rasa berbeda. Lalu gaya hidup kongkow di kedai kopi saat ini, membuat masyarakat gemar mencicipi segala jenis kopi.

Jika ingin menggiling biji kopi sendiri atau ketika memilih jenis kopi di kedai kopi, seseorang biasanya mencium aromanya mana yang terbaik. Sebetulnya sudah cukupkah hal itu untuk memilih biji kopi terbaik?

CEO Toby's Estate Indonesia, Imron J Kusuma menjelaskan bagaimana tip memilih biji kopi terbaik. Ternyata penikmat biji kopi harus mengetahui bagaimana sejarah panjang dan cerita asal usul biji kopi tersebut.

Tak Hanya Sekedar Menghirup, Nikmati Biji Kopi Terbaik dengan Cara Ini
Kedai kopi Toby's Estate di Grand Indonesia. (Istimewa)

"Memilih biji kopi terbaik kita itu harus tahu sejarah panjangnya, mulai dari bibit ditanamnya. Bagaimana history dan story di balik biji kopi itu sendiri. Dari mulai ditanam di mana dan sebagainya," kata Imron saat pembukaan gerai Toby's Estate di West Mall Grand Indonesia, Senin (3/7).

Sehingga aroma kopi dan cita rasanya akan berbeda cirinya dari asal usul ditanamnya. Toby's Estate pun banyak menggunakan kopi Indonesia dalam edisi single origin termasuk yang diekspor ke luar negeri.

Indonesia adalah rumah bagi beragam jenis kopi terbaik, dan sebagian besar tumbuh di Jawa, Sumatera, Kalimanta, Papua, dan Bali. Tidak hanya membeli biji kopi dengan harga yang sesuai kualitasnya, tim Toby’s Estate Coffee juga membangun hubungan erat dengan para petani kopi, dan
menghabiskan waktu mendidik para petani bagaimana menanam, merawat, memanen, dan memproses biji kopi tersebut dari awal hingga akhir.

"Segalanya dilakukan untuk menghasilkan kopi," katanya.

Imron juga menjelaskan jika ingin menggiling biji kopi sendiri di rumah, tak ada resep khusus untuk itu. Semuanya tergantung selera masing-masing.

"Tak ada batas baku berapa lama menggilingnya. Itu tergantung masing-masing selera," katanya.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up