Cerita Desainer Fesyen Muslimah di Indonesia Fashion Week 2017

03/02/2017, 22:35 WIB | Editor: Ilham Safutra
Desainer Fesyen Muslimah Lia Afif (Rieska Virdhani/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Tampilnya berbagai koleksi busana muslimah di ajang Indonesia Fashion Week (IFW) 2017 tidak terlepas dari karya para desainer. Kini para desainer lokal semakin kreatif dalam menghasilkan busana terbaiknya. Seperti halnya Lia Afif.

Lulusan sarjana fakultas teknik arsitektur Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) ini terjun di dunia fesyen usai menempuh studi di sekolah fesyen. Lia fokus menikmati dunianya itu sejak  sejak 2003. Puncaknya ketika dia memenangkan lomba Rancang Busana Muslim LRBM majalah Noor 2006.

“Saya senang bisa mempercantik dan membuat percaya diri para muslimah yang berhijab. Khususnya yang memakai rancangan saya. Profesi ini juga sangat menarik karena kreativitas kita diuji dalam menciptakan sebuah karya agar terus diminati,” kata Lia di IFW 2017, Jumat (3/2).

Dalam rancangannya, busana Lia memiliki konsep etnik glam dengan memadukan unsur kecantikan wanita Indonesia dengan budaya nusantara yang kaya keindahan dan ragam etnik.

Menyadari setiap desainer mempunyai cita rasa tersendiri, Lia  untuk rancangannya berusaha memadukan bahan sifon, sutera, atau motif dengan bahan tenun nusantara yang diaplikasikan dengan rangkaian manik dan batu mulia.

Dalam membuat sentuhan karya baru, Lia mengubah kain Indonesia menjadi semakin berwarna dengan tema dayak, tribal, treasure of the sea dan denim. Inspirasi tersebut diperolehnya dari menjelajah (travelling) ke seluruh Indonesia seperti Lombok, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Kupang, Bali, dan daerah pelosok lainnya. “Indonesia adalah negeri yang kaya dengan budaya, sangat bangga menjadi Indonesia,” ungkapnya.

Lia memandang secara bisnis potensi busana muslim di tanah air masih sangat bagus karena sebagian besar penduduk Indonesia mayoritas beragama islam. Lia menambahkan busana muslim tidak hanya memenuhi kewajiban wanita muslimah tetapi kini sudah memperhatikan unsur fesyen.

“Di ajang ini saya berharap busana muslim Indonesia semakin dikenal di mata internasional dan semakin banyak desainer yang menggali budaya khas Indonesia,” katanya. (cr1/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi