JawaPos Radar

Pesan Desainer Rinaldy A Yunardi di Hari Batik Nasional

02/10/2017, 15:22 WIB | Editor: Muhammad Syadri
Pesan Desainer Rinaldy A Yunardi di Hari Batik Nasional
Rinaldy A Yunardi (Rieska/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Berbagai kain batik terus menjadi media bagi para desainer fesyen untuk berkreasi. Berbagai ajang internasional selalu dimanfaatkan para desainer untuk memperkenalkan kain nusantara saah satunya batik. Batik merupakan warisan budaya yang sudah diakui dunia oleh Unesco pada 2 Oktober 2017.

Bagi Desainer Aksesori Rinaldy A Yunardi kreasi batik tak ada yang bisa menandingi. Dia mengungkapkan begitu banyak karya anak bangsa yang memanfaatkan kain batik untuk menunjukkan tajinya di mancanegara.

"BATIK adalah singkatan dari B.A.T.I.K Budaya Asli Titik Indonesia Kaya. Selamat Hari Batik Nasional," kata Rinaldy kepada JawaPos.com, Senin (2/10).

Karena itu, Rinaldy menjelaskan di dunia fesyen begitu luas kesempatan untuk berkreasi. Perkembangan batik dari mulai motif dan warnanya semakin berkembang pesat di tiap daerah. Kini dari Aceh hingga Papua pun punya batik.

"Wah batik itu luas sekali. Seluruh Indonesia punya. Tentu mengembangkan batik tak akan ada ujungnya. Terus berkarya sampai kapanpun," ujarnya.

Sebagai desainer aksesori, Rinaldy juga sempat mengaplikasikan batik melalui desain yang dia hasilkan. Terakhir dia berkolaborasi dengan desainer sekelas Iwan Tirta untuk mempresentasikan batik dalam bentuk aksesori.

"Ada banyak sekali dengan Iwan Tirta dari mulai anting, kalung, gelang, clutch, sampai tusuk konde," kata desainer yang sukses di mancanegara ini.

Batik berasal dari bahasa Jawa yaitu 'Amba' yang berarti menulis dan 'titik'. Kata batik merujuk pada kain bercorak yang digoreskan dengan lilin atau malam. Sehingga menahan masuknya warna atau sebagai perintang.

"Begitu banyak tradisi nenek moyang yang harus dipertahankan, dilestarikan, dan dikembangkan tanpa keluar dari pakem-pakem otentik batik itu sendiri," jelas Rinaldy.

Rinaldy A Yunardi adalah desainer aksesori yang karyanya banyak dilirik dan digunakan artis mancanegara. Terakhir namannya semakin beken saat karyanya dipakai oleh penyanyi sekelas Mariah Carey dan Katy Perry serta model cantik Kylie Jenner.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up