JawaPos Radar

Kecintaan Giring Pada Batik, Dari Corak Hingga Filosofi

02/10/2017, 22:20 WIB | Editor: Muhammad Syadri
Kecintaan Giring Pada Batik, Dari Corak Hingga Filosofi
Giring Ganesha (Instagram/giring)
Share this

JawaPos.com - Giring Ganesha ternyata adalah salah satu dari musisi yang mencintai bahkan hingga mengoleksi batik. Menurut vokalis Nidji itu, banyak alasan yang membuatnya sangat menyukai batik. Selain karena warisan dan budaya Indonesia, batik dicintai lantaran punya corak yang bermakna.

Fakta tersebut disampaikan Giring dalam postingannya di akun Instagram. Dia mengunggah foto tengah memakai pakaian batik dalam merayakan momen Hari Batik Nasional, pada 2 Oktober.

"SELAMAT HARI BATIK INDONESIA! Aku pribadi suka sekali mengoleksi batik. Bukan hanya karena batik adalah warisan dan budaya Indonesia yang wajib kita banggakan dan lestarikan tetapi aku suka sekali kisah dan filosofi di setiap corak batik yang aku punya," tulis Giring Ganesha, Senin (2/10)

Calon anggota dewan dari partai PSI itu menjelaskan, banyak corak batik yang hingga saat ini dikoleksinya. Giring mengaku tertarik mengumpulkannya karena setiap corak punya sebuah filosofi yang memiliki arti.

"Contohnya batik yang aku pakai di foto ini, corak dan gambarnya melambangkan kepemimpinan dan keperkasaan oleh karena itu batik ini jarang aku pakai saat datang ke acara pernikahan. Cocok untuk acara formal dan kenegaraan. Bisa menambah rasa percaya diri dan karisma saat bersosialisasi," ujarnya.

"Untuk kekawinan biasanya aku memakai batik aku yang memiliki arti keabadian. Mengapa keabadian saat ke kawinan? Karena aku juga ingin mendoakan kedua mempelai memperoleh pernikahan yang abadi. Selain itu ada satu lagi motif Parang yang aku sangat suka, yang memiliki arti tidak pernah menyerah dalam peperangan. Mungkin untuk zaman sekarang ialah tidak pernah menyerah di segala kegiatan kita dan niat baik kita," sambung Giring panjang lebar.

Selain punya keindahan serta makna, menurut Giring memakai batik meningkatkan kebanggaan dan kharisma. Apalagi sejumlah batik yang dibuat khusus atau pun terbatas.

"Correct me if I'm wrong ya guys. Karena aku sekarang sedang suka sekali mengoleksi batik. Ada rasa kebanggaan dan karismanya bila kita benar memilih yang tepat karena bila batik tersebut ialah batik tulis maka cuman kamu yang memiliki pola tersebut. Its limited and it's special," tutup Giring.

(ded/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up