JawaPos Radar

Ketahui Efek Buruk Tanam Benang dari Infeksi Hingga Berlubang

02/09/2018, 10:48 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
tanam benang, manfaat tanam benang, efek samping tanam benang,
Tanam benang bisa memberikan efek yang buruk jika tak ditangani ahli yang kompeten. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Demi kecantikan, perempuan rela mengeluarkan uang banyak dengan melakukan perawatan wajah. Tak cukup hanya menggunakan krim, upaya yang terkesan ekstrim pun terkadang dilakukan. salah satunya dengan metode tanam benang (thread lift) yang sedang tren.

Seiring banyaknya permintaan thread lift tersebut, memunculkan praktek oleh pihak yang tidak kompeten atau bukan ahlinya. Akibatnya, tak sedikit ditemukan kasus malpraktik seperti munculnya benang di sekitar tulang pipi, infeksi, hingga wajah berlubang dan bengkak.

Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik, dr. Irena Sakura Rini, mengaku kerap menerima keluhan pasien. Diantaranya munculnya bintik-bintik merah yang tak kunjung sembuh setelah lima hari treatment dan badan terasa demam akibat infeksi.

tanam benang, manfaat tanam benang, efek samping tanam benang,
Infografis perawatan kecantikan dengan tindakan medis. (Rofiah Drajat/JawaPos.com)

"Kalau di hari kelima udah mulai muncul jerawat dan bintik-bintik merah gak sembuh-sembuh, itu tandanya terjadi infeksi. Jadi titik titik masuk benang berubah jadi ladang jerawat, jerawatnya bersatu jadi lobang," ucapnya saat ditemui di acara peluncuran 'Happy Lift dan Relife' di kawasan Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Kamis (30/8).

Kemudian, ia menambahkan bahwa tanam benang sama sekali bukan metode untuk memancungkan hidung, melainkan untuk mengencangkan kulit wajah dan kulit yang mulai mengendur karena faktor usia.

"Kita tidak bisa memperbaiki kecacatan dengan sempurna. Kita kasi tau pasien bahwa ini perlu waktu. Ngga bisa hitungan sebulan benerinnya, bisa setahun karena udah bopeng," lanjutnya.

Jika sudah demikian, pihaknya mengaku selalu menguatkan mental dan memberikan motivasi kepada pasien, pasalnya pemulihan wajah tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Ia juga menyarankan untuk selalu menjalani pola makan sehat.

Jika sudah parah, maka tak ada jalan lain selain melakukan tindakan pembedahan mengeluarkan benang lewat operasi. "Itu kan benda asing. Makanya harus berhati-hati. Bukan saya bilang thread lift tidak baik. Bagus semuanya, asal betul pengerjaannya," pungkasnya.

(fid/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up