JawaPos Radar

Miliki Banyak Varietas, Indonesia Jadi Rumah Kopi Terbaik Dunia

02/07/2018, 17:31 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Miliki Banyak Varietas, Indonesia Jadi Rumah Kopi Terbaik Dunia
Suasana pembukaan gerai kedai kopi Toby’s Estate Coffee Roasters di Grand Indonesia. (Rieska Virdhani/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Indonesia patut bangga dengan kekayaan alamnya. Salah satunya adalah biji kopi. Biji kopi asal Indonesia merupakan salah satu biji kopi terbaik di dunia. Hal itu disampaikan pendiri Toby’s Estate Coffee Roasters, Toby Smith, saat membuka gerai Toby's Estate di Grand Indonesia West Mall, Senin (2/7).

Menurut Toby, Indonesia adalah rumah bagi beragam jenis kopi terbaik di dunia. Sebagian besar biji kopi tersebut tumbuh di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Papua, dan Bali. Oleh sebab itu, dia tidak hanya membeli biji kopi di harga yang sesuai dengan kualitasnya, timnya juga membangun hubungan erat dengan petani kopi.

Untuk mendapatkan biji kopi kualitas grade A, mereka menghabiskan waktu mendidik petani cara menanam, merawat, memanen, dan memproses biji kopi tersebut untuk menghasilkan kopi terbaik. Sehingga menghasilkan cita rasa yang memikat.

"Indonesia sangat beruntung. Indonesia memiliki kopi-kopi kualitas tinggi dengan beragam varietas. Makanya, kami sajikan kopi Indonesia di gerai kami," kata Toby.

Dengan kualitas kopi terbaik di Indonesia, lewat Toby's Estate Coffee, ia menyajikan kopi roaster. Selain dari Indonesia, ia juga menawarkan biji kopi asal Guatemala, Brasil, dan Kuwait.

Sejarah Toby'e Estate Coffee berawal dari perkebunan kopi di Brasil, Guatemala, dan Kolombia. Toby belajar langsung cara membuat kopi terbaik. Mulai dari menanam, memanggang, dan menilai kopi. Toby kemudian kembali ke rumahnya dan mengubah garasi ibunya menjadi sebuah roastery dan mulai mengasah kemampuannya untuk menguasai seni spesial kopi roaster.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up