JawaPos Radar

Pagelaran Show 40 Tahun Poppy Dharsono Tutup IFW 2018

02/04/2018, 09:00 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Pagelaran Show 40 Tahun Poppy Dharsono Tutup IFW 2018
Poppy Dharsono saat konferensi pers pagelaran Syahda Pusaka (Rieska Virdhani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - 40 tahun berkarya di panggung mode Indonesia, desainer Poppy Dharsono kembali menampilkan maha karyanya yang mencerminkan budaya Indonesia. Seluruh koleksinya dirangkum dalam pagelaran Syahda Pusaka di penutupan Indonesia Fashion Week 2018.

Mewujudkan kecintaannya terhadap warisan budaya, Poppy menghadirkan 99 set busana yang menampilkan batik, tenun, dan lurik sebagai 'hidangan utama' koleksinya. 

"Syahda Pusaka itu menunjukkan heritage. Syahda itu sesuatu yang tinggi yang agung dan indah," kata Poppy dalam sambutannya, Minggu (1/4).

Jika desainer bibit baru mulai menggunakan kain tradisional akhir-akhir ini, Poppy bahkan sudah memulainya sejak 40 tahun lalu. Poppy menegaskan kekayaan budaya adalah akar sebuah bangsa yang tak boleh tercabut akan perkembangan zaman.

"Pertama kali saya show di Jerman saya sudah pakai batik dan lurik. Saya lihat dan belajar melihat budaya Indonesia pakai kacamata orang Barat. Sebab saya sekolah di Prancis dan bergaul dengan mereka maka saya tertular. Saya merasa penting sekali pertahankan budaya dan akar kita," tegas Poppy.

Untuk itu, dia bersama teman-teman lainnya terus menekuni kearifan lokal di daerah masing-masing. Poppy menjelaskan Indonesia memang sulit bersaing dalam hal fashion dengan merek seperti Gucci dan Chanel karena label high end tersebut memang sudah matang usianya.

Karena itu, yang bisa membuat Indonesia unik dan berbeda adalah dengan menampilkan kekayaan budaya kain nusantara yang dimiliki bangsa ini.

"Jika kita tampilkan budaya yang begitu kaya maka kita akan dilihat, tak dipandang sebelah mata. Semua orang Barat dan siapapun kagum melihat budaya kita. Maka jelas bagaimana kita bisa meletakkan positioning kita sendiri di dunia fashion," tutup Poppy.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up