alexametrics

YouTuber Putra Siregar Raih 2 Rekor MURI di Hari Lebaran Idul Adha

31 Juli 2020, 16:59:15 WIB

JawaPos.com — YouTuber, influencer, dan pengusaha Putra Siregar diganjar dua penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI). Ia memecahkan rekor nasional untuk kategori ‘Pembagian Paket Daging Qurban oleh Ojek Terbanyak’ dan kategori ‘Siaran Langsung Penyembelihan Hewan Qurban dari Tempat Ibadah Terbanyak’.

Untuk diketahui, Putra menyumbang 404 hewan kurban di Hari Raya Idul Adha yang jatuh tepat pada Jumat (31/7) hari ini. Penyerahan penghargaan dilangsungkan di bilangan Condet, Jakarta Timur. Dua penghargaan MURI tersebut diserahkan oleh Senior Manager MURI Yusuf Ngadri dan diterima secara langsung Putra Siregar.

Putra berkurban sebanyak 404 hewan dan tersebar di sejumlah daerah di Indonesia sesuai dengan sebaran daerah yang ada toko handphone miliknya. Putra Siregar berkurban sapi sebanyak 183 ekor, kambing 220 ekor, dan satu ekor unta yang dikirimkan ke Palestina.

Pemilik subscriber 1,44 juta di YouTube itu mengatakan, secara matematis sulit bagi dirinya bisa mengeluarkan hewan kurban sebanyak itu. Namun ia memiliki keyakinan bahwa sedekah dan kurban dapat mendatangkan kemudahan dalam hal rezeki. Hal itu pun dirasakannya sejak pertama kali berkurban sekitar 7 tahun silam.

“Tujuh tahun lalu saya cuma kurban satu ekor kambing, 6 tahun lalu 5 kambing 1 ekor sapi, tahun berikutnya 10 sapi, 15 kambing, tahun berikutnya lagi jadi 23 sapi, tahun lalu hampir 100 hewan kurban dan tahun ini hampir 404 hewan kurban,” kata Putra Siregar di hadapan awak media.

Dia tidak pelit berbagi dengan sesama karena sudah merasakan sendiri dampak positif dari sedekah dan kurban yang dilakukannya. Bahkan Putra secara tegas mengatakan kunci suksesnya di dunia usaha karena dia rajin bersedekah. “Bukan merasa hebat, merasa pintar. Kunci suksesnya memang sedekah,” akunya.

Dana kurban tersebut dipastikannya berasal dari kantong pribadi dan bukan dari dana hasil endorse atau sejenisnya. Putra mengharuskan setiap toko handphone miliknya menyisihkan sebagian dana untuk kurban yang dikeluarkan setiap lebaran Idul Adha.

“Tahun depan harapan saya bisa 1.000 hewan kurban. Konsepnya sederhana sih. Kalau secara matematis nggak dapat,” katanya.

Dalam kesempatan itu Putra Siregar tidak hanya bicara soal kurban. Dia juga membicarakan masalah hukum yang kini sedang menjeratnya usai ditetapkan sebagai tersangka terkait dugaan kepabeanan PS Store. Dikatakannya, kasus itu adalah kasus lama yang terjadi pada 2017. Dia pun merasa dijebak atas perkara itu. Namun terlepas dari hal tersebut, Putra Siregar mengaku akan menghadapi kasus hukum yang kini membelitnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Abdul Rahman



Close Ads