alexametrics

Boy William Ikut Partisipasi Beri Dukungan Finansial ke Perajin Batik

29 Oktober 2021, 15:29:55 WIB

JawaPos.com – Artis dan VJ Boy William bekerja sama dengan broker forex global OctaFX memberikan bantuan finansial kepada para produsen kain batik. Bantuan ini diberikan sebagai tanda kepedulian mereka terhadap kelestarian batik di Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober lalu.

Selain untuk membantu para produsen batik, bantuan ini dilakukan dalam rangka menyelamatkan roda perekonomian para perajin batik yang belakangan ini tersendat akibat dilanda pandemi Covid-19.

Dua produsen batik menerima bantuan tersebut adalah Batik Putra Laweyan dan Batik Mahkota Laweyan. Kedua produsen batik lokal tersebut bertempat tinggal di Kampoeng Batik Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah. Mereka menerima dana masing-masing sejumlah Rp 50 juta.

Gue cukup senang dan puas bisa berkesempatan menjadi bagian dari inisiatif baik ini bersama OctaFX,” ujar Boy dalam keterangan resmi yang diterima.

Menurut Boy, membantu melestarikan batik bisa dimulai dengan memperhatikan kebutuhan para pengrajin batik supaya mereka tetap bisa konsisten melakukan pekerjaan mereka.

“Supaya mereka bisa tetap menciptakan seni, dan memiliki mata pencaharian di jalan ini. Sebagai seorang seniman, saya memahami beban di balik bantuan keuangan penting ini,”ujar Boy.

Sementara itu, Direktur Batik Putra Laweyan Gunawan Muhammad Nizar menuturkan bahwa bantuan tersebut datang di waktu yang tepat. “Dengan bantuan ini, kami dapat memproduksi lebih banyak batik dan mampu menjangkau lebih banyak variasi motif batik lebih banyak dari biasanya,” ujar Gunawan.

Untuk diketahui, Indonesia secara resmi meresmikan Hari Batik Nasional pada tahun 2009. Di tahun yang sama, UNESCO juga menahabiskan batik sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity.

Editor : Banu Adikara

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads