alexametrics

Mengurangi Sampah Plastik, Andien Beralih ke Sikat Gigi Berbahan Bambu

28 November 2019, 21:35:43 WIB

JawaPos.com – Penyanyi yang dikenal dengan genre jazz, Andien, tertarik dengan topik keberlangsungan alam untuk masa depan. Ibu satu anak itu bahkan mengaku kaget saat dirinya mengetahui fakta tentang jumlah sampah plastik yang menumpuk di laut. Andien pun mulai menunjukkan kepedulian terkait maraknya sampah plastik. Dia mulai dari hal kecil yakni mengganti sikat gigi berbahan plastik dengan bambu.

Pemilik lagu Gemilang itu memakai sikat gigi berbahan bambu sejak 2017. Dan, sampai sekarang, Andien tak pernah mengganti sikatnya itu. “Ngeri loh, aku baca kalau per hari itu jumlah sampah plastik di laut mencapai 93 juta ton,” terangnya saat ditemui dalam pembukaan pameran Sejauh Mata Memandang, di Jakarta Pusat, Kamis (28/11).

Perempuan dengan nama asli Andini Aisyah Haryadi itu juga mengajak buah hatinya, Anaku Askara Biru alias Kawa, turut peduli lingkungan. Dia menuturkan, belum lama ini, dirinya dan Kawa bersih-bersih pantai di Ancol, Jakarta Utara.

“Itu sekitar 3 jam gitu, kami dan komunitas seperti peduli lingkungan ngumpulin sampah plastik,” kenang aktris 34 tahun itu.

Dia menyebutkan, saat itu kondisi pantai sangat memprihatinkan. Banyak sekali sampah yang tercecer. Bahkan, lanjut dia, pengunjung pantai tak bisa bermain di sekitar pantai, termasuk anaknya. Padahal, lanjut dia, ekosistem laut juga penting untuk dijaga. Menurutnya, banyak biota laut yang akan memberikan manfaatan di kemudian hari.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Dimas Nur Aprianto


Close Ads