alexametrics

Soal Dugaan Penelantaran Anak, Ayah Atta Halilintar Diperiksa Besok

26 Oktober 2020, 22:16:31 WIB

JawaPos.com – Kasus dugaan penelantaran anak oleh Happy Hariadi terhadap mantan suaminya, Halilintar Anofial Asmid, masih terus bergulir di Polres Metro Jakarta Selatan. Selasa (27/10) besok, ayah Atta Halilintar dijadwalkan akan diperiksa oleh penyidik. Pemanggilan ini adalah yang kedua kali.

“Iya besok dijadwalkan diperiksa. Ini sudah pemanggilan kedua ya. Suratnya sudah diterima,” kata Kanit PPA Polres Metro Jakarta Selatan AKP Nunu Suparmi kepada JawaPos.com melalui sambungan telelon Senin (26/10).

Dia mengatakan ayah Atta Halilintar sampai saat ini belum mengonfirmasi akan hadir atau tidak. Polisi berharap ia hadir supaya diperoleh keterangan resmi versi pihak terlapor.

Nunu mengatakan, dalam agenda pemeriksaan tahap pertama, ayah Atta Halilintar tidak dapat memenuhi panggilan polisi dengan alasan sakit. Jika Halilintar Anofial Asmid kembali tidak menghadiri pemeriksaan besok, maka penyidik akan melakukan gelar perkara meskipun tanpa memeriksa yang bersangkutan.

“Kita lihat saja besok hadir apa tidak. Kalau tetap tidak hadir baru kita rencanakan untuk gelar perkara,” ungkap Nunu.

Happy Hariadi melaporkan mantan suaminya Halilintar Anofial Asmid ke Polres Metro Jakarta Selatan pada 2019. Dia melaporkan sang mantan atas tudingan penelantaran anak. Dia pun dijerat dengan Pasal 76 A dan 76 B, juncto 77 UU RI tahun 2014 tentang diskriminasi anak.

Sebelum laporan ini dibuat, Happy Hariadi sempat mengadukan kasus ini ke Lembga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) yang dipimpin oleh Seto Mulyadi alias Kak Seto. Namun sayangnya Halilintar Anofial Asmid tidak memenuhi agenda mediasi LPAI.

Dinilai tidak ada itikad baik, Kak Seto sempat merekomendasikan agar kasus ini dibawa ke ranah hukum. “Merekomendasi ke kuasa hukumnya apabila ternyata tidak ada kejelasan atau niat untuk mengklarifikasi. Kami sudah menyampaikan surat segala secara santun ke alamat yang tepat tapi tidak ada (tanggapan),” ujar Kak Seto saat ditemui di bilangan Salemba, Jakarta Pusat Selasa (1/9).

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Abdul Rahman



Close Ads