alexametrics

Kasus Kabur dari Karantina, Rachel Vennya Dkk Segera Disidang

25 November 2021, 15:19:58 WIB

JawaPos.com – Berkas perkara kasus kabur dari lokasi karantina dengan tersangka selebgram Rachel Vennya dan kawan-kawan telah dinyatakan lengkap. Dengan begitu, kasus ini segera disidangkan di pengadilan.

“Iya benar, berkas perkara penyidikan Rachel Vennya Ronald beserta kekasih dan manajernya sudah dinyatakan lengkap oleh Kejati Banten,” kata Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat kepada wartawan, Kamis (25/11).

Tubagus mengatakan, saat ini seluruh tersangka sudah menjadi kewenangan kejaksaan. Begitu pula dengan persidangan akan didaftarkan oleh jaksa.

“Saat ini nasib keempat tersangka sudah berada di tangan Kejati Banten dan menunggu proses peradilannya,” jelasnya.

Rachel Vennya diketahui melanggar terkait Pasal 14 UU Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular. Selain itu selebgram tersebut pun diijerat atas pelanggaran pidana di Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Sebelumnya, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya resmi menetapkan selebgram Rachel Vennya sebagai tersangka dalam kasus kabur dari lokasi karantina. Keputusan ini ditetapkan usai dilakukan gelar perkara.

“Masalah Rachel ternyata barusan sudah digelar langsung, digelar tadi dipercepat, harusnya Jumat, karena memenuhi unsur, hasil gelar menentukan 4 orang tersangka,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya saat itu Kombes Pol Yusri Yunus saat dihubungi, Rabu (3/11).

Ada pun empat orang yang ditetapkan sebagai tersangka yakni Rachel, manajernya, kekasih Rachel, dan seorang warga sipil yang ikut membantu kaburnya Rachel dari lokasi karantina. “(Pasal yang dikenakan) Undang-Undang Karantina itu ancaman 1 tahun penjara,” jelas Yusri.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan




Close Ads