alexametrics

Indra Lesmana Ungkap Perjuangan Istri Melawan Covid-19

25 November 2021, 14:10:00 WIB

JawaPos.com – Musisi jazz Indra Lesmana sempat khawatir ketika mengetahui Hanny Trihandojo Lesmana terpapar Covid-19. Pasalnya ayahanda Eva Celia itu tahu sang istri memiliki penyakit autoimun. Untungnya Hanny melewatinya dengan baik dan berhasil sembuh usai melawan virus yang ada di dalam tubuhnya.

Indra Lesmana mengucap rasa syukur karena dirinya dan Hanny Trihandojo akhirnya bisa berkumpul kembali setelah sekitar 2 minggu terpisah.

“Bersyukur sekali dan sekaligus bangga terhadap istriku yang telah menang berjuang melawan Covid19 dan menjadi Covid Survivor dengan Comorbid autoimmune,” tulis Indra Lesmana di Instagram.

Dia pun bercerita bahwa isrinya itu mulai terpapar Covid-19 dan mulai merasakan gejala pada 4 November. “Tanggal 7 kami memutuskan untuk PCR dan besoknya tgl 8 pagi hasil PCR nya menunjukan positive dengan CT 13,” lanjut Indra Lesmana.

Setelah mengetahui hal tersebut, pagi harinya Indra lantas membawa Hanny ke sebuah rumah sakit di daerah Kuta, Bali. Hasil pemeriksaan di sana, Hanny dinyatakan memiliki gejala ringan. Dia kemudian diberikan obat-obatan dan dianjurkan rawat jalan melakukan isolasi mandiri. Indra Lesmana tidak mau istrinya menjalani isolasi mandiri di rumah.

“Setelah mencoba menghubungi sahabat2 di Bali kami dianjurkan untuk Isoter (Isolasi Terpusat),
namun untuk Isoter tentunya butuh data2 hasil darah dan CxR, yang ternyata setelah di check, Hon masuk dalam kategori terpapar covid19 dengan gejala sedang/berat ditambah memiliki comorbid autoimmune dan harus masuk rumah sakit saat itu juga,” katanya.

Karena pada saat itu hari sudah malam, ditupuskan istri Indra Lesmana bermalam di Villa Isoter tidak dibawa ke rumah sakit. Sementara dia pulang ke rumah. Tengah malam Indra Lesmana dikabari sang istri dirinya mengalami demam tinggi.

“Tgl 9 November, pagi hari saya langsung meluncur menjemput Hon di Villa Isoter yg jaraknya sekitar 20 menit dari rumah lalu selama perjalan saya menghubungi sahabat2 dokter yang saya kenal di Bali. Kami akhirnya di arahkan untuk Hon dirawat di RS SuryaHusadha,” katanya.

Meski mendapat perawatan intensif di rumah sakit, kondisi kesehatan istri Indra Lesmana sempat mengalami penurunan. Saturasi oksigennya rendah dan ada masalah pada bagian paru-parunya.

“Selain masalah di paru2nya dan saturasi oksigen yg rendah Hon juga ada comorbid autoimmune (Hashimoto, Hypothyroid, SLE dan Sjorgen) yg membuat sangat sulit dan harus hati2 pengobatannya. Sehingga selain dengan dokter2 yang menangani langsung, saya juga melakukan konsultasi bersama dokter2 autoimmune nya Hon yg ada di Bali maupun Jakarta,” lanjutnya.

Indra Lesmana bercerita hari ke-6, 7 dan 8 adalah hari-hari yang paling berat bagi istrinya. Sebab 3 hari tersebut saturasinya ngedrop. Dan setiap kali berbatuk, ia mengeluarkan darah.

“Namun dengan bantuan dokter2 yang luar biasa, perawat2 yg baik hati, doa dan support dari sahabat2 dan komunikasi dari dokter2 lainnya,Alhamdulillah Hon melewati masa kritisnya dengan baik,” tuturnya.

Sabtu (20/11), Indra Lesmana dikabari oleh dokter kalau istrinya sudah bisa menjalani pemulihan rawat jalan. Selasa (23/11) kemarin, Hanny resmi meninggalkan rumah sakit setelah kondisi kesehatannya stabil.

“Untuk itu kami ingin mengucapkan terima kasih yang tak terhingga untuk semua yg sudah banyak sekali membantu kami melalui doa2 dan memberikan masukan2 yang sangat berarti. Semua ini tidak mungkin bisa terjadi tanpa bantuan doa sahabat2 dan usaha keras dari rekan2 dokter dan perawat, baik yang menangani langsung di Rumah Sakit SuryaHusadha maupun yang membantu melalui komunikasi online,” tandasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Abdul Rahman




Close Ads