alexametrics

Gus Miftah Ingatkan Bahaya Makan Harta Anak Yatim

24 November 2021, 15:35:32 WIB

JawaPos.com — Pendakwah Gus Miftah mengingatkan untuk tidak makan harta anak yatim tanpa hak karena dosa yang ditimbulkan akan sangat besar. Dia pun menyebut sebuah hadis Nabi yang yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad dan anak yatim sangat dekat di surga. Diiibaratkan dengan dua buah jari yang saling menempel.

Pernyataan Gus Miftah tersebut untuk menanggapi polemik harta warisan peninggalan mendiang Febri Ardiansyah alias Bibi dan Vanessa Angel. Dia berharap harta peninggalan pasangan yang meninggal akibat kecelakaan tunggal di Tol Jombang Jawa Timur Kamis (4/11), prioritas utamanya untuk putra semata wayang mereka, Gala Sky Ardiansyah.

“Dalam Alquran, jangan kamu dekati harta anak yatim kecuali dengan cara yang baik. Artinya dengan cara yang baik itu dimanfaatkan untuk kesejahteraan si anak yatim,” kata Gus Miftah saat ditemui di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan.

Kendati demikian, bukan berarti semua harta peninggalan Bibi- Febri Ardiansyah diberikan semua untuk Gala. Karena dalam hukum Islam, ada ahli waris lain yang juga berhak atas harta tersebut.

“Tapi kalau semua sepakat untuk anak semuanya nggak apa-apa. Karena hukum mawaris itu bisa diatur melalui hukum agama maupun hukum adat, tidak harus hukum waris secara Islam,” ungkapnya.

Gus Miftah menyarankan agar permasalahan warisan ini tidak dijadikan polemik. Karena yang paling penting bagaimana membesarkan Gala supaya terpenuhi semua kebutuhannya di masa depan, terutama masalah pendidikannya.

“Karena dikatakan, anak yatim itu (sejatinya) bukan yang kehilangan orang tua. Anak yatim adalah orang yang kehilangan ilmu dan budi pekerti. Jangan sampai Gala sudah tidak punya orang tua plus tidak punya budi pekerti. Jangan jadi rebutan, kalau bisa diurusi bareng bareng. Bahkan kalau konteksnya anak yatim kita juga harus bantu bareng bareng (keperluannya),” paparnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Abdul Rahman




Close Ads