alexametrics

Charly Van Houten Protes, Namanya Aslinya Disalahkan di Wikipedia

24 Februari 2021, 21:22:15 WIB

JawaPos.com – Penyanyi Charly Van Houten mengungkapkan, bahwa nama aslinya dipalsukan di Wikipedia. Akibatnya, namanya pun yang palsu itu banyak bermunculan dalam sejumlah website. Di laman Wikipedia nama aslinya tercantum Muhammad Casmali Parli. Menurut Charly, itu salah.

’’Nama asli aku tuh Muhammad Charly Van Houten, bukan Muhammad Casmali Parli. Itu salah besar,’’ kata mantan vokalis band ST12 itu saat ditemui di bilangan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (23/2).

Charly awalnya tidak mau memprotes kesalahan nama pada Wikipedia. Namun karena semakin banyak yang mengira itu adalah nama aslinya, maka mantan vokalis ST 12 terpaksa buka suara.’’Lama-lama makin ke sini, berbahaya juga kalau kekeliruan ini dibiarkan,’’ ucapnya.

Belakangan ia mulai menyadari bahwa pelurusan nama aslinya sangat penting. Karena nama asli menunjukkan identitas yang merupakan pemberian orang tua. Dan, di balik nama yang diberikan orang tua untuk sang buah hati, mereka menyematkan harapan dan doa.

’’Nama itu kan saksi atau sejarah hidup kita. Mulai dari orangtua ke aku dan ke anak-anak aku kan. Apalagi ini sudah kemana-mana, ada bully-an segala macam dan prasangka yang lain-lain,’’ tuturnya.

Gara-gara nama Muhammad Casmali Parli tertera di Wikipedia, ada yang malah berprasangka negatif. Charly disebut-sebut sengja mengubah nama.Padahal lelaki 41 tahun itu tidak pernah mengganti nama. Dia sejatinya tidak terlalu peduli dengan omongan negatif orang atau netizen. Namun Charly merasa penting ia meluruskan hal ini supaya ada kejelasan atas nama aslinya. ’’Kalau sekedar nama panggilan sih enggak apa-apa. Dulu kan aku dari kecil nama panggilannya Lily, itu enggak masalah,’’ tuturnya.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Abdul Rahman




Close Ads