JawaPos Radar

Sederet Artis Terseret dalam Lingkaran Korupsi

21/07/2018, 11:12 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
Inneke Koesherawati
Inneke Koesherawati disebut turut diamankan KPK atas dugaan suap untuk Kalapas Sukamiskin, Jumat (20/7). (dok.JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Artis kerap terjerat dalam lingkar korupsi. Biasanya, itu terkait adanya aliran pada sejumlah artis dengan dalih pekerjaan. Namun, lain halnya dengan artis Inneke Koesherawati, dia diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan memberikan suap pada Kalapas Sukamiskin Wahid Husen.

Suaminya, Direktur PT MTI Fahmi Darmawansyah dihukum penjara 2 tahun 8 bulan dan denda Rp 150 juta subsider 3 bulan kurungan. Fahmi dinyatakan terbukti menyuap empat pejabat Badan Keamanan Laut (Bakamla) untuk memuluskan proyek pengadaan alat pemantauan satelit.

Kemudian, Fahmi ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat (Jabar).

Berikut sejumlah artis yang diberitakan pernah ada dalam lingkaran korupsi.

Ayu Azhari
Ayu Azhari saat menyambangi gedung KPK, Jakarta, tahun 2015 silam. (Mustafa Ramli/JawaPos.com)

1. Ayu Azhari

Aktris yang masih terlihat cantik ini pernah disebut menerima uang sebesar Rp 20 juta dan USD 1.800 dari terpidana kasus suap dan pencucian uang dalam kuota impor daging sapi, Ahmad Fathanah.

Kemudian, saat menyambangi gedung KPK pada 2015 lalu, Ayu mengaku sudah mengikhlaskan uang itu disita oleh lembaga antirasuah.

Cici Tegal
Cici Tegal juga pernah disebut menerima aliran dana korupsi pengadaan alat kesehatan dengan terpidana Siti Faddilah Supari. (dok.Jawa Pos)

2. Cici Tegal

Artis senior yang memiliki nama asli Sri Wahyuningsih ini juga pernah diperiksa oleh KPK terkait kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan buffer stock untuk kejadian luar biasa, yang menjerat mantan Menkes Siti Faddilah Supari.

Cici tegal disebut menerima sejumlah aliran dana dari Siti Faddilah untuk kepentingan pengajian.

Bahkan, dia pernah bersaksi dalam sidang dengan terdakwa Siti Faddilah Supari di Pengadilan Tipikor, Jakarta.

Jennifer Dunn
Jennifer Dunn pernah disebut dalam kasus korupsi yang menjerat Tubagus Chaeri Wardhana. (Issak Ramadhan/JawaPos.com)

3. Jennifer Dunn

Artis kontroversial yang terjerat kasus penyalahgunaan narkoba ini ternyata pernah terseret kasus dugaan korupsi yang menjerat Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan adik mantan Gubernur Banten Ratu Atut.

Tapi, dalam kasus ini tak hanya menyeret nama Jennifer Dunn. Nama artis cantik Chatrine Wilson, Indah Dewi Pertiwi, Chyntiara Alona, hingga Aura Kasih juga terseret.

Bahkan, aktor tampan Irwansyah pernah menyambangi gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi.

Diduga ada aliran dana korupsi ke Production House yang dimiliki oleh Wawan. Oleh karena itu, semua artis terseret dalam kasus korupsi Wawan.

Syahrini
Mengejutkan karena nama Syahrini disebut dalam kasus dugaan suap pejabat pajak Hadang Soekarno. (Yuliani NN/JawaPos.com)

4. Syahrini

Terkahir, yang cukup mengejutkan adalah ketika nama penyanyi fenomenal Syahrini tiba-tiba disebut dalam sidang dugaan suap pejabat pajak di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (20/3).

Ternyata, ada dokumen pajak atas nama Syahrini yang tengah ditangani oleh terdakwa Hadang Soekarno. Pelantun Sesuatu ini diduga melakukan tindak pidana pajak yang ditangani Handang Soekarno. Syahrini disebut memiliki masalah pajak sebesar Rp 900 juta antara 2015 dan 2016.

Handang sendiri ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka karena diduga menerima suap dari PT EK Prima Ekspor Indonesia untuk menyelesaikan masalah pajak.

(str/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up