alexametrics

Meninggalnya Ashraf Sinclair Kepergian yang Terlalu Cepat bagi BCL

19 Februari 2020, 14:05:17 WIB

JawaPos.com – Meskipun tak mungkin lagi… Tuk menjadi pasanganku… Namun kuyakini cinta… Kau kekasih hati… Lagu berjudul Soulmate milik Kahitna itu dinyanyikan oleh Bunga Citra Lestari (BCL) dengan penuh perasaan di ajang Top 3 Indonesian Idol pada Senin malam (17/2). Tak ada firasat sedikit pun jika dalam hitungan jam ke depannya dia beneran kehilangan belahan jiwa.

Sang suami, bintang sinetron Ashraf Sinclair, meninggal kemarin pagi (18/2) pada usia 40 tahun karena serangan jantung. Jenazahnya disemayamkan di rumah duka, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. ”Padahal, nggak ada riwayat penyakit jantung sebelumnya. Ashraf sehat banget. Di antara kami semua, dia paling sehat,” kata manajer BCL, Mohammad Ikhsan Doddyansyah.

Dia melanjutkan, Ashraf sempat dibawa ke RS Metropolitan Medical Centre, Jakarta Selatan. Saat itu denyut nadinya diketahui sudah berhenti. Tak banyak informasi yang dipaparkan oleh Doddy kepada awak media. Dia hanya meminta doa agar BCL dan keluarga diberi ketabahan dan keikhlasan melewati masa duka ini.

Penyanyi yang juga rekan BCL di juri Indonesian Idol, Maia Estianty, mengatakan bahwa Ashraf meninggal pada pukul 04.51. ”Cerita di dalam sih, jadi pas mau istirahat semalam, habis dari Indonesian Idol, Ashraf ditinggal Unge (sapaan BCL, Red) untuk bersihin muka,” ucapnya.

Maia melanjutkan, Ashraf sempat meminta untuk dibuatkan mi instan kepada BCL. Kemudian, BCL membangunkan Ashraf karena mi instan telah matang. ”Saat dibangunkan, Ashraf tak merespons. Kejadiannya sangat cepat. Kayaknya serangan jantung,” terang Maia.

Maia mengaku kaget begitu mendapat kabar kematian Ashraf. Dia takut kabar itu tidak benar. Istri Irwan Danny Mussry tersebut mengecek berkali-kali ke media sosial hingga WhatsApp-nya.

Bukan hanya Maia, Daniel Mananta yang juga teman dekat BCL serta Ashraf menuturkan tak percaya kabar meninggalnya aktor asal Malaysia itu. Daniel bertemu Ashraf Senin (17/2). ”Saya waktu itu agak telat dan Ashraf ngomong, ’Wah, telat lo, Unge udah di RCTI, Idol tuh, cepetan,’” kenangnya. Sebelum berpisah, mereka sempat toas. ”Benar-benar nggak nyangka sampai sekarang,” ujarnya.

Ashraf dimakamkan di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat. Jenazah diberangkatkan dengan ambulans milik YPK Bukit Zaitun. BCL terlihat begitu sedih. Matanya sembap. Dia berjalan perlahan dengan menundukkan kepala menuju mobil Alphard hitam di belakang ambulans. Tak ada kalimat yang keluar dari pemeran Ainun dalam Habibie & Ainun (2012) itu. Di depannya, ada buah hatinya, Noah Sinclair, 9, yang berjalan duluan.

Jenazah tiba di lokasi pemakaman pada pukul 16.45. Beberapa kali BCL mengusap kepala Noah dan memeluknya erat. Ibu Ashraf, Khadijah A Rahman Sinclair, mendekap BCL. ”Terima kasih buat kalian semua yang hadir. Begitu banyak orang di sini. Semua mendoakan anak saya. Bunga telah mencintai anak saya dengan sepenuhnya sampai sekarang. Kamu hebat. Terima kasih Indonesia, telah menempatkan kami di hati kalian,” kata ayah Ashraf, Mohamed Anthony John Sinclair, dalam pidato pelepasannya.

Mendengar itu, tangis keluarga terdengar semakin keras. ”Ketika melihat anak ini (Noah, Red) tumbuh, aku tahu bahwa Ashraf tidak pergi. Ashraf di sini. Dia ada pada Noah,” sambung Anthony. Noah langsung menghambur ke pelukan kakeknya.

BCL sangat terpukul. ”Saya masih belum bisa banyak bicara. Saya masih shock,” tuturnya setelah pemakaman. Dia meminta doa agar Ashraf bisa beristirahat dengan tenang di kehidupan barunya. ”It’s so fast. Saya juga belum tidur. It’s not easy untuk dalam kondisi kaget seperti ini,” terangnya.

Saat memesan makam untuk Ashraf, BCL juga memesan untuk dirinya. Lokasinya tepat berdampingan. Harga keduanya Rp 300 juta. CEO San Diego Hills Suziani Japardi mengatakan, BCL menginginkan saat meninggal kelak dimakamkan di sebelah suami. ”Liang lahad dipesan dari keluarga sekitar pukul 06.00,” tuturnya.

Kepergian Ashraf memang mengejutkan. Tak ada tanda sakit sebelumnya. Bahkan, Senin malam itu dia baru menjalani olahraga. Pelatih high-intensity interval training (HIIT) atau CrossFit yang dijalani Ashraf, Oka Tripambudi, mengatakan, Ashraf mengikuti program HIIT sejak 2012. Malam itu Ashraf juga tampak bugar. Segala tahapan latihan Ashraf lahap dengan baik. Menurut Oka, Ashraf tipikal orang yang peduli terhadap kesehatan. ”Setiap kali datang latihan, dia selalu fun. Dia juga nggak merokok setahu saya,” katanya.

Oka menambahkan, Ashraf tak punya jadwal tetap untuk latihan di Studio Crossfit Jakarta, Kuningan, Jakarta Selatan, itu. ”Kalau lagi off syuting, ya datang dia,” tuturnya. Durasi latihan, lanjut Oka, tak terlalu berlebihan. ”Senin malam itu dia datang pukul 19.30, lalu pulang pukul 20.30,” ujarnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : sam/mam/c11/ayi



Close Ads