alexametrics

Kunci Catriona Gray Hingga Raih Mahkota Miss Universe 2018

Laporan Glandy Burnama-Salman Toyibi, Bangkok
18 Desember 2018, 12:20:09 WIB

JawaPos.com – Filipina meneguhkan status sebagai negara terkuat di Asia dalam bidang kontes kecantikan. Kemarin pagi (17/12) wakil Filipina Catriona Gray terpilih sebagai Miss Universe 2018. Perempuan berdarah Filipina-Australia itu mengungguli 93 kontestan yang tampil di IMPACT Arena, Bangkok.

Wajah Catriona tak bisa menyembunyikan rasa bahagia dan terkejut saat Miss Universe 2017 Demi-Leigh Nel-Peters menyematkan mahkota Mikimoto ke kepalanya. Bukan kali pertama Catriona bersinar di kontes kecantikan. Pada 2016 dia sukses masuk jajaran Top 5 Miss World 2016.

Kunci Catriona Gray Hingga Raih Mahkota Miss Universe 2018
Catriona Gray terpilih sebagai Miss Universe 2018 (SALMAN TOYIBI / JAWA POS)

Sebenarnya sudah banyak yang menjagokan Catriona sejak awal kompetisi. Nama perempuan yang hobi nyanyi itu selalu menempati daftar teratas jajaran peserta favorit. Dia pun diprediksi menjadi pemenang oleh para pencinta pageant. Catriona rupanya memenuhi perkiraan itu berkat penampilannya yang memukau. Baik selama karantina, indepth interview, preliminary show, maupun final show.

Tak cuma cantik, Catriona memukau dengan kemampuannya di sesi pidato singkat babak top 20. Dia membahas pentingnya dukungan untuk anak-anak. “Bukan kemiskinan yang membunuh impian mereka, melainkan kurangnya dukungan,” ujar Catriona.

Kunci Catriona Gray Hingga Raih Mahkota Miss Universe 2018
Catriona Gray terpilih sebagai Miss Universe 2018 (SALMAN TOYIBI / JAWA POS)

Dalam sesi tanya jawab pun, Catriona memberikan performa yang bagus lewat jawaban singkat dan tepat. Di babak top 5, perempuan 24 tahun itu harus menjawab pertanyaan tentang legalisasi mariyuana. Catriona mengungkapkan bahwa dirinya setuju jika mariyuana digunakan untuk kepentingan medis saja. Namun, tidak untuk kepentingan rekreasional. “Semua harus ada aturannya,” kata dia.

Pada babak akhir alias 3 besar, Catriona dan 2 finalis lain harus menjawab pertanyaan tentang pelajaran hidup paling penting dan cara menerapkannya sebagai Miss Universe. Catriona mengungkapkan bahwa dirinya pernah hidup dengan dikelilingi kemiskinan. “Tapi, aku selalu melihat sisi baik dari tiap keadaan dan mencoba mengajak orang bersyukur dalam hidup mereka,” katanya mantap.

Jawaban Catriona yang singkat dan jelas membuat juri kompak memilihnya sebagai pemenang. “Aku sangat berterima kasih untuk semua pendukung, tim, dan keluargaku,” kata Catriona. Bagi Filipina, gelar itu bukan yang pertama. Tiga tahun lalu gelar tersebut juga diraih perwakilan dari Filipina bernama Pia Wurtzbach.

Kunci Catriona Gray Hingga Raih Mahkota Miss Universe 2018
Sonia Fergina Citra, wakil Indonesia yang ikut kontes Miss Universe 2018 hanya mampu menembus 20 besar. (SALMAN TOYIBI / JAWA POS)

Sementara itu, wakil Indonesia Sonia Fergina Citra juga tak kalah membanggakan. Dia berhasil masuk jajaran top 20 alias semifinalis bersama Catriona. Sonia sukses meneruskan tradisi Indonesia yang selalu masuk babak semifinal di Miss Universe.

Sebagai bentuk kampanye, Sonia mengangkat tema keberagaman dan toleransi. Hal itu tampak saat dia memberikan pidato singkat di babak top 20. “Saya dibesarkan di keluarga dengan agama yang berbeda-beda, tapi bisa saling toleransi. Saya ingin Indonesia bisa seperti itu,” ucap Sonia. 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (len/c10/oni)

Kunci Catriona Gray Hingga Raih Mahkota Miss Universe 2018