alexametrics

Timbulkan Efek Jera, BNN: Hukum Berat Artis Penyalah Guna Narkoba

17 Februari 2018, 12:24:59 WIB

JawaPos.com – Dunia hiburan tanah air kembali tercoreng. Belum lama Jenifer Dunn dan Fachri Albar tertangkap karena kasus penyalahgunaan narkoba. Kembali, dua artis diamankan karena kasus yang sama, yakni Roro Fitria dan anak ratu dangdut Elvi Sukaesih, Dhawiya Zaida.

Mengapa lagi-lagi selebriti tertangkap pakai narkoba? Apakah pekerja seni di Indonesia begitu mudahnya menjadi pasar bagi Narkotika?

Menurut Badan Narkotika Nasional (BNN), banyaknya selebriti terjerat menggunakan barang haram dikarenakan tidak memiliki rasa takut. Sebab, pengalaman artis yang terjerat kasus narkoba berakhir hanya pada hukuman menjalani rehabilitasi.

Infografis artis narkoba
12 artis terjerat kasus narkoba dalam setahun terakhir. (Rofiah Darajat/JawaPos.com)

Kabag Humas BNN, Kombes Pol Sulistiandriatmoko mengungkapkan bahwa hukuman yang diterima para artis mayoritas hanyalah rehabilitasi. Akibatnya, tidak menimbulkan efek jera yang justru menyepelekan. Itu membuat mereka tak takut menggunakan narkoba.

“Kalau semua artis mempunyai precedent (anggapan hukum) bahwa menyalahgunakan narkoba hukumannya adalah rehabilitasi, maka akan semakin banyak lagi artis yang menyahgunakan narkoba,” katanya pada JawaPos.com, Sabtu (17/2).

Oleh karena itu, dia menegaskan harus ada hukuman yang lebih berat terhadap artis yang menyalahgunakan narkoba. Misalnya, tetap di penjara dan diwajibkan melakukan kerja sosial.

“Semestinya, mereka yang tertangkap tangan menyalahgunakan narkoba harus dipenjarakan di penjara khusus bagi penyalah guna narkoba. Di sinilah, mereka akan mendapatkan treatment tertentu dan rehabilitasi. Treatment tersebut dapat berupa kerja sosial di masyarakat atau hukuman sanksi sosial lainnya,” tandasnya.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ce1/yln/JPC)



Close Ads
Timbulkan Efek Jera, BNN: Hukum Berat Artis Penyalah Guna Narkoba