alexametrics

Hamil Anak Kedua, Alice Norin Sempat Pasrah Jika Rahimnya Diangkat

16 September 2020, 17:40:14 WIB

JawaPos.com – Kehamilan anak kedua dirasakan cukup getir bagi Alice Norin. Sebab, di kehamilan keduanya, dia divonis dokter mengalami plasenta previa dan plasenta akreta yang bersarang di tubuhnya. Alice Norin baru mengetahuinya pada saat usia kehamilan sudah memasuki usia 5 atau 6 bulan.

Istri dari Alvin Yudhapatria ini sempat berkonsultasi ke sejumlah dokter terkait plasenta yang berada di dalam tubuhnya, sekaligus terkait masalah kehamilan. Alice Norin merasa perlu mendapatkan sejumlah pandangan dari beberapa dokter sekaligus supaya lebih mencakup. Karena bisa saja seorang dokter kurang luas dalam memberikan pandangan, bisa dilengkapi oleh dokter lain.

Setelah melakukan konsultasi dengan beberapa dokter, dia memutuskan harus menjalani persalinan ke dokter yang memang sudah punya pengalaman menangani persalinan sekaligus plasenta. Dia pun menemukannya di rumah sakit Brawijaya.

Alice Norin melakukan pengangkatan plasenta previa dan plasenta akreta berbarengan dengan proses lahiran yang dilangsungkan pada Rabu (9/9). Menurut Alice Norin, plasenta ini bisa nempel pada kandung kemih, rahim atau organ tubuh lainnya. Dokter yang menanganinya menyatakan, kondisi terburuk apabila plasenta ini sudah nempel di rahim, maka harus dilakukan pengangkatan rahim.

“Semua dokter bilang itu nggak akan ketahuan sampai dioperasi. Pada saat dioperasi baru akan kelihatan. Banyak banget case harus angkat rahim,” tutur Alice Norin dalam jumpa pers virtual pada hari ini Rabu (16/9).

Pada saat menjalani persalinan pada Rabu pekan lalu, dia sejatinya sudah mempersiapkan mental apabila dia harus kehilangan rahim akibat plasenta sudah menempel di sana. Alice Norin bersyukur ternyata plasenta akreta hanya tumbuh di kandung kemih. Otomatis rahimnya pun selamat dan tidak dilakukan pengangangkata rahim.

“Mindset aku harus mempersiapkan diri kalau harus angkat rahim karena plasenta itu harus keluar semua. Kalau nggak itu bahaya banget. Aku nggak tahu gimana lahiran yang penting aku ikhlas dengan kemungkinan yang akan terjadi. Alhamdulillah banget dokter bisa nyelamatin rahim aku. cuma ada beberapa bagian kantung kemih dikikis,” paparnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Abdul Rahman




Close Ads