alexametrics

Arzeti Bilbina Minta BPOM Segera Labeli Kemasan Plastik Mengandung BPA

16 Juli 2021, 17:52:58 WIB

JawaPos.com – Artis yang kini menjadi anggota DPR RI Arzeti Bilbina, menyatakan Badan POM bisa segera melabeli peringatan pada kemasan plastik yang mengandung BPA (Bisphenol A) demi memberikan perlindungan kepada konsumen. Karena menurut hasil penelitian, plastik jenis ini membahayakan kondisi kesehatan pemakainya.

“Saya berharap BPOM segera memfasilitasi info sehat untuk masyarakat agar lebih cerdas lagi dalam memilih makanan dan minuman dalam kemasan plastik, untuk menginfokan pelabelan dalam kemasan plastik yang mengandung zat berbahaya BPA (Bisphenol A), ” jelas Arzeti Bilbina dalam keterangan tertulis diterima JawaPos.com Jumat (16/7).

Dia mengungkapkan, kemasan plastik mengandung BPA sangat membahayakan kondisi kesehatan seseorang terutama pada anak di dalam kandungan dan bayi. Tidak mau asal ngomong, Arzeti Bilbina yang merupakan Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PKB itu membeberkan hasil penelitian kesehatan internasional. Para peneliti gabungan dari Thailand, Jepang dan USA pada Januari 2021 telah merilis hasil penelitian efek paparan BPA pada gen, terkait autisme dan hubungannya dengan fungsi hipokampus.

“Hasil penelitian tersebut adalah paparan BPA sebelum melahirkan yang lebih tinggi diduga meningkatkan risiko autisme,” jelas Arzeti Bilbina.

Dia juga mengungkapkan, pada 15 April 2021, situs web sains Neuroscince news.com juga telah merilis efek BPA dan BPS. Tim peneliti Bayreuth yang dipimpin Dr Peter Machnik melakukan penelitian mengenai kerusakan otak terkait senyawa umum dalam benda plastik sehari-hari. Ini menunjukkan bahwa BPA juga bisa berbahaya bagi otak orang dewasa. “Tentu bagi bayi, balita dan janin, lebih riskan lagi,” ujarnya.

Baca juga: Hari Kartini, Arzeti Bilbina Ajak Perempuan Terus Upgrade Diri

Editor : Kuswandi

Reporter : Abdul Rahman

Saksikan video menarik berikut ini: