alexametrics

Selain Vidi Aldiano, 3 Selebriti Ini Juga Kena Kanker Ginjal

15 Desember 2019, 10:03:26 WIB

JawaPos.com – Penyanyi Vidi Aldiano selesai menjalani operasi kanker ginjal yang dideritanya. Pelantun ‘Nuansa Bening’ itu mengungkapkan dia memiliki kanker di ginjal di bagian kiri. Vidi pun meminta doa kepada para penggemarnya.

Data RS Kanker Dharmais, kanker ginjal di Indonesia memang bukan masuk top 10 besar ka ker yang paling sering diderita. Namun kanker ini juga diderita sejumlah selebriti selain Vidi Aldiano. JawaPos.com, Minggu (15/12), mencoba merangkumnya dari berbagai sumber.

1. Cameron Mathison

Aktor asal Kanada dan mantan bintang All My Children, Cameron Mathison mengungkapkan bahwa dia terkena kanker ginjal. Berbicara di The Dr Oz Show, Mathison yang berusia 50 tahun mengakui bahwa pikirannya mulai ‘berpacu’ ketakutan mempersiapkan yang terburuk sebelum dia tahu penyakitnya saat tahap awal.

Mathison mengumumkan diagnosisnya dengan karsinoma sel ginjal pada 9 September lalu dan juga menjalani operasi untuk mengangkat tumor pada bulan yang sama.

Dia sekarang dinyatakan bebas kanker, tetapi Mathison mengingatkan orang lain agar sayang pada tubuhnya.

“Itu tidak terasa nyata, semuanya agak melambat, karena begitu kau mendengar kata kanker, jelas segala macam pikiran melesat di kepalamu,” kata Mathison seperti dilansir dari Daily Mail.

“Kau mulai memikirkan keluarga dan anak-anakmu tentu saja,” tambahnya.

Mathison menunggu beberapa hari untuk memberi tahu anak-anak mereka, Leila yang berusia 13 tahun dan Lucas yang berusia 16 tahun. Untungnya, Mathison memang memiliki peluang bagus untuk mengalahkan penyakit itu.

Karsinoma sel ginjal adalah kondisi langka tetapi umumnya menyerang orang dewasa. Tingkat kelangsungan hidup selama lima tahun untuk jenis kanker yang diderita Mathison adalah sebanyak 94 persen.

Setelah bebas kanker, Mathison senang dan lega. Dia bicara tentang gejalanya dan mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama. Dalam laman Mayo Clinic, ketika kanker ginjal mencapai tahap lanjut bisa menyebabkan darah dalam urin, nyeri pinggang atau kehilangan nafsu makan dan kelelahan serta penurunan berat badan hingga demam.

2.Raju Mavani

Aktor asal India, Raju Mavani lahir pada tahun 1957. Dia adalah seorang aktor dan produser, yang memproduksi film-film seperti Ram Aur Shyam (1996), Surakshaa (1995) dan Imtihaan (1994). Film bollywood terkenalnya adalah Anil Kapoor, John Abraham, bintang Manoj Bajpayee ‘Shootout at Wadala (2013)’ dan sutradara Prabhu Deva Salman Khan, Ayesha Takia, bintang Vinod Khanna Wanted (2009).

Namun Raju kalah dalam melawan kanker. Dia meninggal pada 31 Oktober pagi. Raju Mavani menderita penyakit ginjal selama bertahun-tahun sebelum dia didiagnosis menderita kanker seperti dilansir dari The Hans India.

3. Gary Valencia

Dalam laman Phli Star, penyanyi asal Filipina Gary Valenciano mengungkapkan setelah menjalani operasi bypass jantung, ia juga memiliki masalah kesehatan lain yaknu kanker ginjal. Dalam akun Twitter-nya, ‘Mr. Pure Energy’ memposting video di mana ia mengakui bahwa ia juga berjuang melawan kanker ginjal.

“Pada Mei tahun lalu saya diberi diagnosa kanker yang mengubah hidup di ginjal kanan saya,” kata Gary.

“Ini diungkapkan kepada saya ketika saya sedang penyembuhan dari prosedur bypass yang dilakukan 6 Mei 2018 lalu. Beberapa minggu kemudian, pada 13 Juni 2018, saya menjalani operasi untuk mengangkat kanker dari ginjal saya,” tambahnya.

Dia mengatakan betapa baiknya Tuhan memperhatikannya. Dia berterima kasih kepada keluarga, teman, dan penggemar atas semua cinta dan dukungan yang dia terima selama masa-masa sulit.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Close Ads