alexametrics

Waspadai Kanker Payudara, Andien dan Nikita Willy Pilih Bra yang Tepat

15 Oktober 2021, 18:10:26 WIB

JawaPos.com – Para perempuan diminta untuk lebih menghargai tubuhnya terutama untuk mencegah penyakit kanker payudara. Sebab jika terdeteksi dini, kanker payudara bisa disembuhkan.

Memperingati Breast Cancer Awareness bulan Oktober ini, label UNIQLO Indonesia mendorong para perempuan untuk lebih peduli dalam memilih yang terbaik untuk tubuhnya salah satunya dengan memilih bra yang memberikan kenyamanan saat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak banyak yang menyadari bahwa bentuk tubuh perempuan sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor di antaranya kondisi fisik dan keseimbangan hormon akibat kehamilan, melahirkan, siklus menstruasi, naik turun berat badan hingga usia. Padahal perubahan tersebut menentukan pilihan pakaian yang digunakan agar nyaman, salah satunya pakaian dalam seperti bra.

Dalam keterangan resmi UNIQLO, hasil penelitian menunjukan 80 persen perempuan salah dalam memilih jenis dan ukuran bra. Meskipun terlihat sepele, hal tersebut dapat berdampak pada kesehatan tubuh dan payudara seperti terasa sesak dan tidak nyaman, iritasi pada kulit dan luka akibat kawat, dan sebagainya.

Ukuran yang tidak pas juga bisa membuat berbagai masalah lain seperti sakit punggung akibat bra yang kebesaran sehingga tidak menopang dengan baik. Sebaliknya, hasil penelitian dr. Michael Schachter, MD of the Schachter Center for Complementary Medicine mengatakan jika ukuran bra yang digunakan terlalu kecil akan terjadi penekanan aliran di saluran kelenjar getah bening dari payudara ke ketiak.

Para selebriti digandeng untuk mengkampanyekan pentingnya mencegah kanker payudara sejak dini. Sebagian dari mereka juga menjadi penyintas kanker payudara.

Sebut saja Andien Aisyah dan Wanda Hamidah. Keduanya merupakan penyintas kanker payudara.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: