alexametrics

Anji Putuskan Tak Didampingi Pengacara, Begini Tanggapan Jaksa

15 September 2021, 22:06:10 WIB

JawaPos.com – Musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji memutuskan menghadapi sendirian kasus narkotika yang menjeratnya tanpa ada pendampingan dari tim kuasa hukum. Hal itu dinyatakan Anji dalam sidang dakwaan yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Barat Rabu (15/9).

Menanggapi pernyataan Anji yang tidak mau didampingi kuasa hukum, Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengatakan hal itu adalah hak dari terdakwa. Padahal bisa saja Anji didampingi oleh pengacara yang dapat membelanya di hadapan majelis hakim tapi hal itu tak digunakan Anji.

“Kalau itu hak dari terdakwa, jadi kami tidak bisa mencampuri hak terdakwa. Itu haknya dia,” kata Josep Christian dari JPU saat ditemui usai persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat Rabu (15/9).

Dia mengungkapkan, ada tidaknya kuasa hokum yang mendampingi terdakwa, itu tidak akan mempengaruhi jalannya persidangan. Sidang akan tetap berjalan seperti biasa.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendakwa musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji terkait kasus penyalahgunaan narkotika dengan dua pasal. Yaitu Pasal 127 ayat (1) huruf a Undang-Undang No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan Pasal 111 ayat (1) Undang-Undang No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Didakwa dengan dua pasal tersebut, Anji menyatakan menerima dakwaan Jaksa.”Dia menerima, sudah dijelaskan bahwa terdakwa menggunakan narkotika sebelumya, tapi kita belum tahu keterangan dari saksi penangkap,” tutur Josep.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Abdul Rahman

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads