JawaPos Radar

Terlalu Kurus, Model Dunia Gigi Hadid Idap Penyakit?

15/02/2018, 19:45 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Terlalu Kurus, Model Dunia Gigi Hadid Idap Penyakit?
Gigi Hadid (Hello Magazine)
Share this image

JawaPos.com - Di balik penampilannya yang ikonik di dunia fashion, model Gigi Hadid ternyata mendapat kritik karena terlalu kurus saat tampil di New York Fashion Week 2018. Atas kritik itu, Gigi mengakui ia memiliki kondisi autoimun (masalah sistem imun) yang memengaruhi berat badannya.

Nama penyakit yang dideritanya pun cukup unik, yakni Hashimoto. Gigi menjelaskan keadaan kesehatannya melalui jejaring sosialnya, yang menyatakan kalau tubuhnya memang sudah berubah selama bertahun-tahun.

"Bagi Anda yang mempertanyakan mengapa tubuh saya berubah selama bertahun-tahun, Anda mungkin tidak tahu kapan saya mulai (kondisi autoimun) di usia 17 tahun saya belum didiagnosis dengan penyakit Hashimoto, orang-orang yang memanggil saya 'terlalu besar untuk industri ini'," tulis Gigi di akun Twitter-nya dilansir dari Hello Magazine, Kamis (15/2).

Terlalu Kurus, Model Dunia Gigi Hadid Idap Penyakit?
Gigi Hadid di New York Fashion Week 2018 (hellosehat)

Dalam beberapa tahun terakhir dia pun telah menerima pengobatan. Kakak Bella Hadid itu mengungkapkan pengobatan dilakukan guna memperbaiki gejala kelelahan ekstrem, masalah metabolisme, dan kemampuan tubuhnya dalam mempertahankan panas.

"Meski stres dan perjalanan berlebihan juga bisa memengaruhi tubuh, saya selalu makan makanan yang sama. Tubuh saya hanya merespons dengan cara berbeda sekarang karena kesehatan saya lebih baik," ujarnya.

"Saya mungkin 'terlalu kurus' untukmu, sejujurnya kurus ini bukan yang kuinginkan, tapi aku merasa lebih sehat secara internal dan masih belajar untuk tumbuh dengan tubuhku setiap hari, seperti juga semua orang," sambung Gigi.

Unggahan Gigi berakhir berharap agar pengguna media sosial dan penggemar lebih memiliki empati daripada menilai orang lain yang tidak dikenal secara utuh. "Gunakan energi Anda untuk memuji yang Anda kagumi daripada menjadi kejam terhadap orang-orang yang tidak Anda sukai," pungkasnya.

Diketahui, penyakit Hashimoto adalah jenis reaksi autoimun yang paling umum yang menyebabkan tiroid kurang aktif. Gejalanya bisa termasuk kelelahan, sensitif terhadap pilek, berat badan, depresi, dan kram otot. Jika tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi seperti peningkatan risiko penyakit kardiovaskular dan pengembangan goiter (pembengkakan tiroid yang abnormal), dan kelenjar yang menyebabkan terbentuknya benjolan di tenggorokan.

(ce1/ana/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up