alexametrics

Sempat Tertawakan Ide Nadiem Makarim, Kini Hotman Paris Menyesal

14 November 2019, 13:54:36 WIB

JawaPos.com – Hotman Paris salut akan kegigihan Mendikbud Nadiem Makarim dalam membuat perusahaan start up ojek online. Hotman termasuk yang pertama mengetahui kalau Nadiem akan membuat bisnis start up. Namun lelaki berjuluk pengacara 30 miliar tersebut tidak pernah menyangka usaha yang dibuat Nadiem akan sukses.

Hotman Paris mengenal sosok Nadiem sejak dia masih kecil. Karena Hotman sempat bekerja dengan ayah Nadiem, Anwar Makarim, cukup lama. Dia menyebut sosok Anwar sebagai pengacara hebat.

“Waktu saya masih gabung sama bapaknya dia, doktor hukum dari Harvard Law School, Anwar Makarim, yang juga angkatan 66. Saya gabung sama bapaknya dengan beberapa pengacara bule tahun 1983. Nadiem Makarim waktu itu masih kecil,” ungkap Hotman Paris di bilangan Kemayoran, Jakarta Pusat, pekan lalu.

Setelah Nadiem menyelesaikan kuliahnya di Amerika, Hotman mendengar kabar dia akan membuka bisnis start up ojek online. Pada waktu itu Hotman menanggapinya sinis. Hotman tidak habis pikir ayahnya yang merupakan pengacara handal, Nadiem malah mau membuat bisnis ojek yang dalam bayangan banyak orang pada waktu itu termasuk ‘kampungan’.

“Sesudah dia pulang dari Amerika, kita dengar dia mau buka Gojek. Mula-mula kita ketawain,” kata Hotman Paris berterus terang.

Belakangan bisnis start up yang dirintis Nadiem mengalami pertumbuhan yang signifikan. Bahkan ojek online yang dibuatnya masuk dalam perusahaan start up unicorn karena memiliki nilai valuasi lebih dari 1 miliar USD. Hotman Paris lagi-lagi tercengang karena hal itu benar-benar di luar dugaannya.

Berbeda dari usaha yang dijalaninya, kata Hotman, bisnis start up yang menghantarkan Nadiem Makarim menjadi mendikbud lebih mengutamakan sistem. “Kalau saya kan dapat duit harus saya langsung yang kerja. Kalau bisnis start up itu kan dengan sistem, lo bisa kaya. Lo bisa tidur ngorok tapi sistem bekerja,” ucapnya.

Hotman Paris mengaku menyesal dulu tidak ikut terlibat dalam bisnis start up yang dirintis Nadiem Makarim. Padahal jika dulu dia ikut terlibat, Hotman membayangkan dirinya kini bisa mendapatkan penghasilan yang bagus di luar profesinya sebagai pengacara.

“Ya sekarang menyesal lah. Kalau di cash out dia (Nadiem) punya modal itu bisa jutaan dollar,” kata Hotman Paris menganalisa.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Abdul Rahman



Close Ads