alexametrics

Cara Puteri Indonesia Lingkungan 2019 Peduli Sampah Plastik

14 Agustus 2019, 15:04:51 WIB

JawaPos.com – Tak hanya cantik dan pintar,  Puteri Indonesia Lingkungan 2019, Jolene Marie Rotinsulu, ikut melakukan langkah tegas dalam mengawal isu sampah plastik. Beberapa waktu lalu, Jolene sendiri ikut terlibat dalam aksi bersih-besih di sungai Pesanggrahan, Depok.

Langkah ini dilakukan sebagai bentuk prihatin terhadap sampah plastik yang terus bertambah. Ia menuturkan, data dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton/ tahun. Sebanyak 3,2 juta ton di antaranya merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut.

Untuk itu, ia sengaja melakukan aksi bersih-bersih dengan memunguti sampah plastik menggunakan perahu karet bersama komunitas Bocah Kali Pesanggrahan (bokap). Sebab snagat disayangkan, sungai yang subur ditumbuhi pepohonan rindang di sepanjang bantaran sungai itu justru dipenuhi sampah limbah rumah tangga.

“Di sepanjang sungai Pesanggrahan, saya banyak menemui sampah limbah rumah tangga, mulai dari sampah kantong pelastik, streoform, bekas botol minuman. Bahkan saat kami berjalan lewat perahu karet, kepala saya terkena sampah pelastik yang menempel di batang pohon yang menjulur ke sungai, itu benar-benar jadi perhatian banget ya,” kata Puteri Indonesia Lingkungan 2019, Jolene Marie Rotinsulu.

Di hari yang sama, Jolene juga mendatangi Komunitas Penggiat Lingkungan Limo. Komunitas yang memberdayakan bekas sampah, semisal kantong pelastik, koran bekas, botol bekas minuman, tutup, bungkus bekas kopi, bekas deterje,  dan banyak lagi sampah lainnya. Sampah-sampah plastik yang dihasilkan dari sungai dikumpulkan dan sebagian dibawa utk diolah menjadi tas, dompet, tikar dan lainnya.

Tak hanya itu, langkah peduli dirinya terhadap sampah juga dilakukan lewat edukasi. Ia pun memberikan edukasi kepada anak-anak agar mulai membiasakan diri untuk ramah lingkungan. Seperti membawa botol minum (tumbler) dan makanan dari rumah, membuang sampah pada tempatnya, hingga dapat memilah sampah organik dan non organik.

“Ya, pesan moralnya adalah mereka yg dengan keterbatasan saja peduli terhadap lingkungan, seharusnya kita harus lebih peduli lagi dong,” tutup Jolene.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Close Ads