alexametrics

Aksi Nyata Musisi Tyo Nugros Untuk Peduli Bumi

13 Oktober 2019, 10:07:12 WIB

JawaPos.com – Drummer Tyo Nugros selama ini dikenal piawai menabuh drum di atas panggung. Siapa sangka dalam kehidupan sehari-hari, musisi berusia 48 tahun itu ternyata peduli dengan lingkungan dan menjaga bumi.

Bersama grup pop rock band WOLFTANK, Tyo Nugros akan menggelar konser bertema lingkungan pada 28 Oktober 2019 di Hard Rock Cafe. Hasilnya juga untuk merawat bumi berupa penanaman bibit mangrove atau bakau. Dalam kehidupan sehari-hari, jebolan grup musik Dewa 19 itu ternyata juga membatasi penggunaan kantong plastik.

Tyo bahkan mengedukasi resto atau dunia kuliner agar tidak menggunakan wadah plastik. Salah satunya tidak pakai sedotan lagi.

“Saya mulai dari hal kecil seperti membeli makanan atau minuman lalu sering dikasihnya plastik. Saya tanya ada enggak yang enggak plastik? Kalau enggak ada, saya bilangin, saya kasih tahu, ‘tolong dong mulai sekarang jangan palai plastik. Jangan pakai sedotan’,” ujarnya baru-baru ini di Jakarta.

Tak cukup hal itu saja, Tyo juga membawa tas belanjaan sendiri saat pergi ke supermarket. Sehingga dia bisa menjadi contoh bagi orang-orang di sekitarnya.

“Kalau belanja ke supermarket bawa sendiri, tote bag. Dari mulai seperti itu orang akan lihat, teman lihat. Enggak usah saya suruh, sudah melihat contoh,” ujarnya.

Dia juga mengajak masyarakat untuk mengenal pentingnya fungsi bakau atau mangrove bagi lingkungan. Salah satunya bisa untuk menahan laju gelombang tinggi.

“Mangrove itu banget, kalau enggak ada mangrove di Jakarta bisa jadi rusak semuanya. Bisa menahan gelombang tinggi, atau bahkan tsunami. Konyol kalau kita enggak mau rawat mangrove. Sebelumnya saya sempat menanam mangrove denggan nama saya. Semoga beberapa tahun ke depan bisa bermanfaat dengan baik,” kata Tyo.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads