alexametrics

3 Cara Ini Jadi Bukti Ariyo Wahab Sayangi Lingkungan

13 Oktober 2019, 11:02:12 WIB

JawaPos.com – Aktor dan musisi Ariyo Wahab ternyata sudah melakukan beberapa langkah untuk membuktikan dirinya ikut menjaga lingkungan. Tak hanya dari diri sendiri, tetapi dia juga menjadi contoh bagi keluarganya.

Pertama, sebagai musisi jebolan The Dance Company, dirinya kini dalam waktu dekat bersama pop rock band WOLFTANK akan menggelar konser lingkungan di Hard Rock Cafe pada 28 Oktober 2019. Ini bukan kali pertama dirinya menggelar konser bertema lingkungan. Sebelumnya ayah 3 anak itu juga pernah diajak bekerja sama lewat musik untuk peduli terumbu karang.

“Ada band atau musisi yang lebih condong ke kebudayaan, mungkin WOLFTANK lebih kepada peduli lingkungan. Dulu juga sama The Dance Company ngomongin terumbu karang. Dan memang sudah saatnya peduli lingkungan,” jelas Ariyo Wahab kepada wartawan baru-baru ini.

Aktor yang saat ini sedang promo film ‘Love For Sale 2’ itu menilai peduli lingkungan adalah gerakan kesadaran yang dimulai dari hati nurani. Baginya, alam adalah ciptaan Tuhan dan manusia bagian dari alam itu sendiri.

“Manusia bagian dari lingkungan. Cuma manusia porsinya dan derajatnya paling banyak jaga bumi ini. Bumi kita ini kan cuma satu, enggak ada cadangan. Saya juga ingin anak cucu saya merasakan indahnya bumi. Enggak fair kalau mereka enggak melihat indahnya laut kita nanti,” tegasnya.

Kedua, aksi nyata Ariyo Wahab ditunjukkan dengan mengurangi penggunaan plastik di rumah serta memghemat energi. Untungnya, 3 buah hatinya suka pelajaran sains sehingga tak begitu sulit untuk mengedukasi mereka mengapa harus menjaga bumi.

“Mengurangi penggunaan plastik ya, plastik itu perlu tapi sangat seperlunya, jangan lebay. Dulu era 1970-1980an kalau minum es teh manis pun langsung dari gelas kan, enggak usah gaya-gaya pakai sedotan. Anak-anak saya saja kasihan sama penyu, makan plastik di laut yang ada di depannya. Lalu lakukanlah hemat listrik, air, penghijauan,” jelasnya.

Langkah selanjutnya, Ariyo Wahab sadar bahwa Jakarta semakin dipenuhi polusi udara. Maka dirinya selama 5 tahun lebih sering bersepeda bukan hanya sekadar hobi tetapi sudah menjadi kendaraan untuk menuju ke titik tujuan.

“Saya bersepeda selama 5 tahun ini. Ini kontribusi kecil ya, tapi memang senang sih. Kurangi polusi, hemat bahan bakar, dompet juga terjaga dari uang bensin. Dan secara psikologis temukan inspirasi saat bersepeda,” katanya tertawa.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads