alexametrics

Usung Adat Palembang, Pernikahan Ria Ricis-Teuku Ryan Penuh Makna

12 November 2021, 22:47:34 WIB

JawaPos.com – Pernikahan Ria Ricis dan Teuku Ryan mengusung tradisi adat Palembang. Akad nikah yang digelar hari ini Jumat (12/11) di sebuah hotel di bilangan Pondok Indah Jakarta Selatan, diwarnai dengan sejumlah simbol.

Oki Setiana Dewi menceritakan makna di balik sejumlah simbol tersebut. Atraksi pencak silat misalnya yang ada dalam prosesi penyambutan rombongan Teuku Ryan, saat hendak memasuki ruangan acara.

Atraksi itu memiliki makna bahwa Teuku Ryan termasuk orang mandiri dan siap menjaga diri dan orang tersayang dari segala marabahaya. Selain itu, ada juga kain songket dibentang oleh keluarga Ria Ricis yang diibaratkan dengan sebuah pagar.

“Abang Ryan datang degan kain songket yang keluarga kami bentangkan, itu juga sombol bahwa untuk mendapatkan anak gadis tidak mudah. Ada beberapa proses yang harus dilalui,” tutur Oki Setiana Dewi.

Ada juga prosesi menabur sejumlah uang. “Itu berarti abang Ryan siap untuk menjadi pemimpin, pelindung dan menafkahi keluarganya,” ucapnya.

Sementara wajah Ria Ricis yang ditutup memiliki makna ia memperlihatkan wajah dan kecantikannya kepada sang suami. “Melihat mereka masih malu-malu pas berpegangan tangan karena memang baru pertama kali,” akunya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Abdul Rahman

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads