alexametrics

Hamil Anak Ketiga, Ayu Dewi Tetap Peduli Soal Diet Sehat

12 Juli 2019, 20:04:07 WIB

JawaPos.com – Artis dan presenter Ayu Dewi sedang hamil anak ketiga. Perempuan yang memiliki gaya hang unik itu, tetap mengikuti pola hidup sehat dan tren diet yang sedang kekinian.

Ditemui dalam peluncuran program diet dan pemeriksaan berbasis genetik dari rangkaian Prodia Genomic yakni Prodia Nutrigenomics, Jumat (12/7), Ayu Dewi ikut melakukan pemeriksaan pola makan atau asupan apa yang terbaik untuk dirinya. Sejak sebelum hamil, dia selalu mengikuti tren diet yang sedang berkembang seperti diet keto, diet mideterania, diet karbo dan lainnya. Namun dirinya mengaku khawatir tak cocok dengan metabolisme tubuhnya jika ingin mengikuti pola diet tersebut.

“Semuanya saat ini kan ikut tren ya, demi kesehatan dan demi konten Instagram dengan alasan biar kekinian. Padahal ujung-ujungnya ternyata enggak cocok. Sejujurnya saya suka sih mencoba-coba tapi jujur takut juga,” kata Ayu Dewi sebagai narasumber dalam diskusi bersama Prodia di Jakarta, Jumat (12/7).

Menurutnya, segala tren untuk menuju sehat sejatinya baik untuk diikuti akan tetapi tetap harus disesuaikan dengan tubuh masing-masing. Dia mencontohkan salah satu asupan yang tak cocok di tubuhnya seperti ketika mengonsumsi roti dengan terlalu banyak lemak atau kopi tertentu membuat dirinya ingin Buang Air Besar (BAB).

“Soal diet-diet agak takut. Banyak teman-teman di sekitar saya hidupnya sehat-sehat banget. Saya mau ikut tapi cocok enggak ya. Kayak badan kita punya alarm sendiri enggak sih, misalnya saya makan roti banyak glutennya malah ujung-ujungnya ingin cepat ke belakang. Apa ini tanda enggak cocok ya sama gluten,” jelas Ayu Dewi.

Meski begitu, Ayu Dewi tetap mengonsumsi resep turun menurun dari keluarganya selama kehamilan. Sedikitnya ada dua minuman wajib di tengah asupan nutrisi lainnya yaitu air kacang hijau dan air semangka.

“Paling wajih sih air kacang hijau itu kan bagus banget ya. Sama air semangka. Dan itu diminum rutin resep di keluarga saya,” ungkapnya.

Menyambung kekhawatiran Ayu Dewi soal diet tepat, Prodia Nutrigenomics memudahkan seseorang dalam melakukan pengaturan pola makan dan gaya hidup yang tepat sesuai profil genetik untuk mencegah munculnya risiko penyakit terutama penyakit degeneratif seperti obesitas dan diabetes. Pemeriksaan ini cukup diIakukan satu kali seumur hidup dan Prodia merupakan satu-satunya laboratorium klinik di Indonesia yang mengerjakan pemeriksaan ini sendiri.

Dokter spesialis gizi klinik dr. Arti Indira, M.Gizi, Sp.GK mengatakan makanan sehat sekalipun memiliki respon yang berbeda untuk setiap orang terhadap penyakit tertentu. Perbedaan tersebut bersifat spesifik untuk satu individu.

“Bahkan, anak kembar pun bisa memiliki kebutuhan nutrisi, jenis olahraga dan risiko penyakit yang berbeda,” ungkap dr. Arti.

Prodia Nutrigenomics memeriksakan lebih dari 50 jenis gen dan 75 variasi genetik (SNP) yang dikelompokkan menjadi nutrisi dan olahraga. Nutrisi terdiri dari presepsi rasa, respon terhadap makanan, metabolisme nutrisi serta pengelolaan berat badan dan komposisi tubuh.

Sedangkan olahraga terdiri dari manfaat berolahraga, kekuatan dan daya tahan. Manfaat dari Prodia Nutrigenomics adalah sebagai panduan dalam memilih makanan pada program penurunan berat badan dan sebagai panduan gaya hidup untuk tetap sehat dan preventif terhadap penyakit.

Ayu Dewi juga ikut melakukan pemeriksaan tersebut. Sehingga dia bisa mengetahui asupan apa yang terbaik sesuai genetik di dalam darahnya.

“Rekomendasi dan hasilnya belum. Jika sudah, maka nanti akan saya bagikan kabarnya pada dunia,” ungkapnya bercanda.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani