alexametrics

Hetty Sunjaya Minta Ahli Waris dan Anak Angkat Dorce Patuhi Hukum

10 Maret 2022, 16:41:19 WIB

JawaPos.com – Hetty Sunjaya meminta ahli waris mendiang Dorce Gamalama dan anak angkat almarhum untuk meredam permasalahan. Dia pun berharap permasalahan soal harta warisan dapat diselesaikan secara kekeluargaan lewat jalan musyawarah.

Bagi Hetty, masalah harta warisan sudah ada hukum yang mengatur. Dia pun meminta kedua belah pihak menjadikan aturan hukum Islam yang berlaku di Indonesia sebagai pedoman untuk mengakhiri polemik berkepanjangan.

“Siapa yang berhak, itulah yang dapat. Karena menurut hukum Islam yang dapat ya ahli warisnya. Untuk anak angkat, almarhum itu sudah bicara, anak angkat mendapatkan hadiah,” ucap Hetty Sunjaya kepada JawaPos.com Kamis (10/3).

Pembagian ahli waris ini juga bisa dilakukan lewat jalan lain dengan jalan bermusyawarah. Jika ketentuan hukum mengatur anak angkat hanya mendapatkan maksimal 1/3 dari total harta warisan, jalan musyawarah bisa menentukan kesepakatan berbeda. Misalnya dibagi rata atau yang lainnya.

“Kalau mereka bisa bermusyawarah dengan baik, mau dibagi sama misalnya ya sah sah saja, asal ada persetujuan dari semuanya,” tuturnya.

Kepada anak-anak angkat mendiang Dorce Gamalama, Hetty sempat menyampaikan pesan untuk tidak menjadikan harta warisan sebagai polemik. Apalagi saat ini belum genap 40 hari dari meninggalnya Dorce.

“Memang sempat ada pembicaraan kemarin. Bunda bilang, kalian nggak usah meributkan masalah ini. Bermusyawarah lah kalian, saling mencari solusi yang baik. Jangan sampai ada keributan, malu,” tutur pelantun Perempuan ke-7 itu.

Selain malu ke publik, Hetty meminta anak angkat Dorce Gamalama tidak perlu meributkan permasalahan harta warisan juga dengan alasan agar almarhum tenang di alam sana. “Kasihan almarhum belum 40 hari sudah ribut masalah warisan, jangan ya. Mereka bilang iya bun, kita bilang seperti itu,” ujar Hetty Sunjaya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Abdul Rahman

Saksikan video menarik berikut ini: