alexametrics
Kasus Wanprestasi

Ashanty Menang Atas Gugatan Martin Pratiwi Rp 14,3 Miliar

7 Agustus 2020, 20:16:10 WIB

JawaPos.com – Ashanty sempat digugat rekan bisnisnya Martin Pratiwi dengan total kerugian mencapai Rp 14,3 miliar. Kasus ini bergulir di PN Purwokerto, Jawa Tengah, sejak beberapa bulan lalu dan kini sudah tahap putusan. Majelis hakim dalam amar putusannnya menyatakan Ashanty tidak melakukan wanprestasi sebagaimana dalam gugatan.

Martin Pratiwi adalah rekan bisnis Ashanty di bidang produk kecantikan skincare. Dia menggugat istri Anang Hermansyah tersebut lantaran menilai terdapat perjanjian yang dilanggar. Kasus ini sempat bergulir di PN Tangerang, namun akhirnya dicabut karena dalam perjanjian disebutkan, domisili hukum berada di PN Purwokerto.

Akhirnya Martin Pratiwi pun mendaftarkan kasus wanprestasi ke PN Purwokerto dan terdaftar dengan nomor perkara 66/Pdt.G/2019/PN Pwt. Martin Pratiwi menuntut Ashanty dengan nominal sebesar Rp 14.319.069.006 untuk penggantian biaya kerugian hingga bunga atas perbuatan wanprestasi yang dituduhkan pihak penggugat kepada pihak tergugat.

Dengan rincian, Ashanty digugat sebesar Rp 6,5 miliar sebagai ganti rugi akibat dinilai telah melakukan pembatalkan secara sepihak tanpa persetujuan pihak penggugat.

Ashanty juga diminta membayar uang sebesar Rp 2.732.723.033 ganti rugi berupa bunga yang disebut seharusnya diperoleh pihak penggugat. Kemudian Ashanty digugat untuk membayar ganti rugi sebesar Rp 2.743.370.757, lantaran dianggap pihak tergugat tidak memberikan sisa penjualannya kepada pihak penggugat.

Ashanty juga dituntut membayar ganti rugi sebesar Rp 134.028.000 karena tidak memberikan hak royalti atas produk dimana mereka terikat perjanjian kerjasama. Ashanty juga diminta untuk membayar dana sebesar Rp 1.028.599.301 yang disebut sebagai uang bagi hasil yang belum diberikan kepada pihak tergugat.

Ditemui di Polda Metro Jaya, Jumat (6/8), Ashanty senang kasus wanprestasi gugatan Martin Prawiti kini sudah mendapat putusan majelis hakim dan memenangkan dirinya.

“Alhamdulillah bulan lalu kita menang di Pengadilan Negeri Purwokerto. Menunjukkan bahwa kita terbukti tidak melakukan wanprestasi,” kata Ashanty.

Dia mengaku belum tahu apakah ada banding dari pihak Martin Pratiwi atas putusan PN Purwokerto. Namun andai saja ada upaya hukum lanjutan, Ashanty mengaku akan menghadapinya. Dia sangat optimis akan kembali menang karena merasa berada di posisi yang benar.

“Yang pasti kita sudah menang di pengadilan tingkat pertama. Kalau kita benar mau diapain pun kita akan tetap benar,” katanya.

Ashanty dalam kesempatan itu mengaku dirinya sejatinya sempat deg-degan lantaran tidak bisa hadir ke persidangan untuk menyaksikan secara langsung. Karena ketika sidang wanprestasi ini digelar, terjadi pandemi Covid-19. Dia pun memasrahkan permasalahan ini kepada kuasa hukum. Dan yang menggembirakannya, dia menang dalam kasus ini.

Editor : Kuswandi

Reporter : Abdul Rahman




Close Ads