Disebut Pamer Usai Menikmati Dana Umat, Fauzi Baadilla Angkat Bicara

6 Juli 2022, 10:47:12 WIB

JawaPos.com – Salah satu netizen menyentil Fauzi Baadilla. Hal ini usai mencuat ke publik soal kabar dugaan penyelewengan dana umat dilakukan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT). Netizen tersebut menuding pemain film Kukira Kau Rumah ikut menikmati aliran dananya.

Fauzi Baadilla pun memposting komentar salah satu netizen di akun Instagram pribadinya. Aktor kelahiran Kairo, Mesir, 42 silam memberikan penjelasan. Dia membenarkan menjadi brand ambassador, duta, atau influencer dari ACT. Dia juga mengakui kerap terlibat dalam sejumlah programnya.

Akan tetapi dia melakukan hal itu dilandasi oleh panggilan hati untuk membantu agenda- agenda kemanusiaan yang dilakukan ACT. “Gue kerja sukarela, kalo lagi mau ok, kalo gak mau ya tidak, tergantung mood saya,” tulis Fauzi Baadilla.

Tak dipungkiri pemain film Di Balik 98 mendapatkan bayaran dari kegiatan yang dilakukannya bersama ACT. Namun dia menyebut hanya semacam transport. Dia dengan tegas menyatakan penghasilan yang diterimanya hingga mampu membeli sejumlah barang dari hasil kerja kerasnya selama ini.

“Fee transport selalu gue sedekahkan lagi. Financial gue sejauh ini. Hasil tabungan & investasi gue sendiri.. selama bertahun tahun. Thank you atas tudingan nya btw dina natalia lee,” katanya.

Hanya sebagai brand ambassador, Fauzi Baadilla dengan tegas menyatakan dirinya tidak tahu apa apa terkait masalah keuangan ACT. Dia tidak ikut terlibat dalam mengurusi dana yang dihimbun dari masyarakat tersebut, karena memang bukan merupakan tugas dan tanggung jawabnya.

“Adalah salah apabila saya ikut urus dana, management keuangan atau kepo in gaji orang lain. (Diluar area gue.. jauhh bro),” ujarnya.

Kesalahan yang sempat terjadi di internal ACT memang harus ditindak tegas apabila ada penyelewengan dana umat. Menurut Fauzi Baadilla, manajemen sudah menjatuhkan sanksi.

“Info terakhir yg saya dengar, management sudah melakukan pergantian/ perubahan sebelum ada nya pemberitaan media massa,” tandasnya.

Keterangan yang disampaikan Fauzi Baadilla tersebut sebagai respons atas tudingan dirinya melakukan pamer karena menerima aliran dana umat, seperti disampaikan salah satu netizen. Fauzi Baadilla pun memposting komentar netizen tersebut di akun Instagram pribadinya.

“Pantersan si gundul @fauzibaadilla_ kebanyakan pamer ternyata duitnya hasil maling dari dana umat,” komentar pemilik akun @d1n4nat4lia_lee.

JawaPos.com berusaha menghubungi Fauzi Baadilla untuk mengonfirmasi lebih lanjut terkait hal ini. Namun sampai saat ini belum mendapat respons.

Diketahui, ACT menjadi sorotan setelah mencuat kabar adanya penyelewengan dana umat yang telah dihimpun. Pemimpinnya dikabarkan mendapat gaji ratusan juta per bulan. Selain itu, dana ACT juga dikabarkan digunakan untuk kepentingan pribadi dan keluarga seperti pembelian rumah dan lain lain.

Terkait hal tersebut, manajemen ACT sudah memberhentikan Ahyudin selaku pimpinan dari jabatannya. Lebih tepatnya dia mengundurkan diri setelah adanya desakan dan masukan dari sejumlah cabang di daerah.

“Beliau menanda tangani surat pengunduran diri atas permintaan para petinggi. Kami bersyukur dengan lapang dada Bapak Ahyudin menanda tangani pengunduran diri,” kata Presiden ACT Ibnu Khajar beberapa hari lalu.

Editor : Kuswandi

Reporter : Abdul Rahman

Saksikan video menarik berikut ini: