alexametrics
Rayakan Ulang Tahun ke-27

Melody Rayakan Ulang Tahun ke-27 Bareng Anak Difabel

6 April 2019, 13:25:15 WIB

JawaPos.com – Kegembiraan terlihat jelas di aula Yayasan Sayap Ibu, Tangerang Selatan, Jumat (5/4) sore. Berulang kali terdengar suara lepas berupa tawa maupun nyanyian dari belasan anak-anak difabel. Sore itu, seperti tidak ada sekat bagi mereka yang sedang menjalani rehabilitasi anak difabel dengan kebahagiaan.

Topi kerucut berwarna hijau, oranye, biru serta gitar yang dibawa Melody Nurramdhani Laksani menambah meriah sore itu. Apalagi, dia juga mengajak Nadila, Siska, Rona, dan Aurel dari JKT48 Acoustic untuk memainkan lagu. Melody bilang, ingin merayakan ulang tahun dengan tidak seperti biasa.

’’Ingin merayakan yang bener-benar bisa memberikan arti. Biasanya have fun bareng teman-teman. Sekarang di sini, bersama mereka untuk menyebarkan positive vibe,’’ ujar Melody.

Sekitar pukul 15.30, perayaan ulang tahun ke-27 Melody dimulai. Dimulai dengan bernyanyi bersama. Lagu pembukanya adalah, Sayang yang dipopulerkan Via Vallen. Genjrengan gitar Nadila dan Aurel serta vokal dari Rona serta Siska langsung diikuti anak-anak Yayasan Sayap Ibu.

JKT48 Acoustic, Yayasan Sayap Ibu
Nadila, Rona, Yuyun, dan Aurel saat menyanyikan lagu Sayang dari Via Vallen di perayaan ulang tahun Melody ke-27 di Yayasan Sayap Ibu, Jumat (5/4). (Dhimas Ginanjar/Jawa Pos)

Lirik memang tidak terdengar jelas dari mulut anak-anak itu. Tetapi, siapa peduli. Yang penting, mereka bisa ikut bergembira dengan mengeluarkan suara yang mengikuti irama lagu Sayang. Suasana nyanyi bareng makin menjadi ketika mereka kompak berteriak Ooo… aaa… ooo… eee… yang diikuti gelak tawa.

Setelah itu, hits lain dari Via Vallen yakni lagu Selow juga dinyanyikan. Sama seperti sebelumnya, anak-anak panti bisa mengikuti lagu itu. Bahkan, beberapa anak yang tak lagi malu-malu mulai mendekat ke Melody maupun JKT48 Acoustic untuk bernyanyi bersama.

Cairnya suasana terlihat begitu JKT48 Acoustic selesai bernyanyi. Salah satu anak didik Yayasan Sayap Ibu yakni Yuyun, unjuk kebolehan menari. Ketika lagu Solo dari Jennie anggota Blackpink diputar, dia langsung berdiri di depan. Yuyun menjadi center untuk berjoget bareng Melody, Nadila, Rona, Aurel, dan Siska.

Yayasan Sayap Ibu, Melody, Ulang Tahun Melody
Yuyun )ketiga dari kiri) mengajak Melody, Rona, Nadila, Aurel dan Siska menari lagu Solo dari Jennie di Yayasan Sayap Ibu, Jumat (5/4). Tampak Nurul (topi biru) dan Jelita (topi hijau) ikut menari. (Dhimas Ginanjar/Jawa Pos)

Melihat temannya menari, anak panti lain memberi semangat. Mereka bertepuk tangan. Melody, Nadila, Rona, Aurel, dan Siska juga tidak segan untuk mengikuti gerakan Yuyun. Senyum langsung merekah dari mulut Yuyun begitu lagu itu selesai. Kata para pengasuh yayasan, Yuyun memang suka menari. Tak heran, dia begitu lincah.

Acara berikutnya adalah tiup lilin. Anak-anak yayasan berkumpul dan mendekati Melody yang membawa kue. Selain Yuyun, ada juga Jelita. Anak didik Yayasan Sayap Ibu lainnya yang tak lagi malu-malu. Bahkan, Melody dan Jelita berhadapan saat menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun dan meniup lilin.

Puncak interaksi bisa dikatakan terjadi saat menyanyikan lagu Bunda dari Melly Goeslaw. Tak disangka, anak-anak yayasan justru sangat hafal. Mereka semua bernyanyi lepas. Lirik yang dalam membuat Melody dan empat member JKT48 itu tak kuasa menahan tangis.

Yuyun yang duduk di antara Melody dan Rona langsung berinisiatif merangkul mereka berdua dengan erat. Yuyun tetap bernyanyi dengan wajah gembira. Hal itu justru makin membuat Melody meneteskan air mata. ’’Katanya, jangan sedih,’’ tutur Melody menirukan ucapan Yuyun saat merangkulnya.

Melody, Yayasan Sayap Ibu, Ulang tahun melody
Bayu dari Yayasan Sayap Ibu saat menyanyikan lagu Bunda. Terlihat Yuyun sedang merangkul Melody dan Rona. (Dhimas Ginanjar/Jawa Pos)

Sore yang penuh cinta dan kegembiraan itu lantas ditutup dengan lagu Heavy Rotation dan meniup terompet yang bisa menjulurkan kertas. Lagi-lagi tawa lepas terdengar. Itu terjadi ketika juluran kertas yang ditiup sengaja ditempelkan ke pipi atau lengan. Terkesan sederhana, tapi mampu meledakkan tawa kegembiraan.

Usai acara, Melody juga menyambangi kamar inap Yayasan Sayap Ibu. Sebab, tidak semua bisa datang ke aula. Terutama, bagi anak yang sakit seperti penderita hidrosefalus. ’’Anak-anak terlihat seneng banget. Seperti betapa berharganya kami ke sini,’’ katanya.

Melody tak salah memilih Yayasan Sayap Ibu untuk merayakan ulang tahun. Sebab, bisa memaknai hidupnya. Katanya, di umur yang makin matang ini, dia makin tahu banyak hal. ’’Kita jalanin hari-hari kadang gitu-gitu aja. Padahal di sini ada yang lebih berat. Jangan lupa bersyukur dan berbagi. Ini tamparan dan reminder nggak lupa dengan sekitar,’’ akunya.

Yayasan sayap ibu, Melody, Melody ulang tahun
Melody berfoto bareng anak-anak dari Yayasan Sayap ibu saat merayakan ulang tahun ke-27, Jumat (5/4). (Dhimas Ginanjar/Jawa Pos)

Melody juga mengatakan kalau JKT48 Acoustic sengaja diajak karena tahu mereka suka bernyanyi. Itulah kenapa, sebelum berangkat tim akustik belajar beberapa cord lagu terlebih dahulu. Namun, semua itu terbayar dengan semangatnya anak-anak panti.

’’Mereka senang banget dengan lagu Bunda. Mereka nyanyi dengan hatinya. Sedangkan aku, nahan, lalu nunduk dan netes (air mata),’’ kenang Melody.

Editor : Dhimas Ginanjar



Close Ads