alexametrics

Dikabulkan Hakim, Ayah Shireen Sungkar Keluar dari Rutan Siang Ini

5 Mei 2021, 10:39:45 WIB

JawaPos.com – Majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta mengabulkan permohonan Mark Sungkar, ayahanda dari artis Shireen Sungkar dan Zaskia Sungkar, untuk dialihkan statusnya dari tahanan rutan menjadi tahanan kota. Alhasil, Mark pun akan keluar dari dalam tahanan hari ini.

Hal itu diungkapkan Fahri Bachmid selaku kuasa hukum Mark Sungkar. Dia menyebut kliennya akan keluar dari dalam tahanan siang ini sekitar pukul 11.00 WIB.

“Iya, sesuai penetapan majelis hakim, Pak Mark dikeluarkan dari Rutan Kejaksaan Agung sekitar jam 11.00 menjadi tahanan kota,” kata Fahri Bachmid saat dihubungi wartawan Rabu (5/5).

Fahri Bachmid mengungkapkan sejumlah pertimbangan kenapa pihaknya mengajukan permohonan penahanan kota untuk Mark Sungkar kepada majelis hakim Tipikor yang menangani kasusnya.

Beberapa pertimbangannya adalah karena Mark Sungkar sudah berusia 73 tahun, mengalami sakit yang cukup serius bahkan sempat terkena Covid-19 dan diarawat intensif kurang lebih 1 bulan di RS RSPP Jakarta, kondisi kesehatan yang semakin menurun sehingga tidak dapat mengikuti persidangan sebagaimana mestinya, serta kooperatif dan ada jaminan dari keluarga selama Mark Sungkar berstatus sebagai tahanan kota.

“Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang secara objektif itu, dan setelah dicermati secara hati-hati, maka dengan alasan kemanusiaan serta kemanfaatan hukum, akhirnya majelis hakim mengambil kebijakan hukum untuk dilakukan pengalihan status hukum terhadap tahanan terdakwa dari sebelumnya menjadi tahanan rutan kepada tahanan kota,” papar Fahri Bachmid.

Dengan dikabulkannya permohonan perubahan status Mark Sungkar mulai hari ini Rabu (5/5), terdakwa Mark Sungkar akan keluar dari dalam tahanan namun tetap harus mengikuti proses hukum di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat.

“Sebagai tim hukum, kami sangat berterima kasih kepada majelis hakim yang telah sangat bijaksana serta objektif mengambil kebijakan tersebut dengan sejumlah pertimbangan yang objektif dan kredibel,” tuturnya.

Sebelumnya, Mubarak Ali Sungkar alias Mark Sungkar didakwa melakukan tindak pidana korupsi senilai Rp 694.900.000. Ayah dari Shireen Sungkar dan Zaskia Sungkar itu didakwa melakukan pelaporan fiktif dalam kasus laporan dana pelatnas Asian Games Triathlon.

Mark didakwa membuat pelaporan fiktif mengakibatkan kerugian keuangan negara berdasarkan laporan hasil audit perhitungan BPKP. Perbuatan Mark diduga merugikan keuangan negara sebesar Rp 694.900.000. Perbuatan ini juga dianggap memperkaya dirinya sebesar Rp 399 juta, dan orang lain yaitu Andi Ameera Sayaka, Wahyu Hidayat, Eva Desiana, Jauhari Johan dan Luciana Wibowo.

Mark Sungkar didakwa melanggar Pasal 2 ayat (1) Jo. Pasal 18 ayat (1) huruf b Pasal 3 Jo Pasal 18 ayat (1) huruf b dan Pasal 9 Jo Pasal 18 ayat (1) huruf b Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Abdul Rahman

Saksikan video menarik berikut ini:





Close Ads