Annisa Pohan Istirahat Total Usai Jalani Pembersihan Rahim

4 Juli 2022, 23:31:30 WIB

JawaPos.com – Annisa Pohan yang merupakan istri dari Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengalami keguguran saat usia kandungan baru mencapai 7 minggu. Janinnya tidak berkembang sehingga dilakukan pembersihan rahim melalui sistem Erpoc (Retained Products of Conception).

Proses pembersihan rahim Annisa Pohan dilakukan pada Sabtu, 2 Juli 2022 dan ditangani oleh dokter ahli. Menantu Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu memberi tahu hal tersebut melalui unggahan di Instagram, kemarin.

Nanda Persada selaku manajer mengatakan, Annisa Pohan masih akan beristirahat total selama beberapa waktu ke depan. Tak beraktivitas atau melakukan pekerjaan supaya kondisinya benar-benar pulih terlebih dahulu.

“Iya betul (beristirahat total) karena nggak boleh kecapekan,” ucap Nanda Persada kepada JawaPos.com melalui sambungan telepon, Senin (4/7).

Disinggung berapa lama Annisa Pohan akan beristirahat total, Nanda mengaku belum mengetahui secara pasti. Tapi menurutnya, prosesnya sangat bergantung kecepatan tubuh merespons tindakan sebelumnya, yaitu pembersihan rahim.

Nanda mengaku sampai saat ini belum menjalin komunikasi lagi dengan Annisa Pohan. Ia sengaja tidak melakukannya takut mengganggu Annisa yang sedang beristirahat.

Yang pasti, Annisa menitipkan pesan untuk masyarakat yang telah memberikan support dan mendoakannya. “Dia bilang terima kasih atas doa dari semuanya. Memang sudah lama berniat ingin punya anak lagi, makanya program kan gitu. Ternyata belum, serahkan saja pada Yang di Atas,” tuturnya.

Melalui unggahan di Instagram kemarin, Annisa Pohan menjawab pertanyaan netizen. Annisa mengaku kerap mendapat pesan direct message (DM) dari sejumlah orang menanyakan tentang dirinya.

Dalam kesempatan itu, Annisa Pohan mengungkapkan kabar bahagia dirinya beristirahat dan membatasi komunikasi di media media dan WhatsApp lebih dari satu bulan belakangan karena sedang hamil. Namun sayangnya ia juga menyampaikan hal kurang menggembirakan.

“Namun Qadarullah, mungkin Allah punya rencana lain yang lebih baik. Kehamilan saya dinyatakan tidak berkembang di usia 7 minggu, ukuran babynya terlalu kecil dan tidak ada detak jantungnya, sehingga tidak dapat dipertahankan,” tulis Annisa Pohan.

Annisa mengaku senang sekali saat mengetahui sedang hamil. Begitu pula dengan sang suami, AHY.

Dia menganggap kehamilan merupakan anugerah besar dari Allah. Namun sayangnya ia mengalami keguguran.

Hal itu tentu membuatnya sedih, namun berusaha ikhlas atas apa yang telah menjadi ketetapan Tuhan. “Walau begitu, kami hanya hamba Allah yang lemah, air mata dan sedih ini susah sekali untuk dibendung, dan berharap waktu yang akan menyembuhkannya,” lanjutnya.

Annisa Pohan mengaku tidak akan berputus asa untuk mendapatkan momongan lagi kendati sempat gagal.”Untuk teman-teman yang mengalami hal yang sama dengan kami, untuk yang masih terus berikhtiar untuk memiliki keturunan atau yang pernah mengalami keguguran, tetap semangat ya! Semua sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa. Memang perasaan campur aduk kita ini, tidak mudah untuk bisa dipahami bagi mereka yang tidak pernah mengalaminya.”

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Abdul Rahman

Saksikan video menarik berikut ini: