alexametrics

Aktivitas Menantu Tjahjo Kumolo Selama Jalani Isolasi Mandiri 14 Hari

4 April 2020, 02:02:19 WIB

JawaPos.com – Aktor Detri Warmanto yang juga menantu Men PAN-RB, Tjahjo Kumolo, diketahui terinfeksi virus Korona atau Covid-19. Dia dinyatakan positif saat menjalani pemeriksaan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, pada 15 Maret 2020. Sejak dinyatakan positif, dia pun langsung melakukan karantina mandiri di sebuah rumah yang terpisah dari istri dan anak-anaknya.

Detri Warmanto mengatakan, begitu mengetahui hasil test positif, dia langsung menghubungi dokter di RSPAD. Kepada sang dokter, Detri mengatakan akan berangkat ke rumah sakit untuk melakukan isolasi. Namun, dokter menahannya supaya tidak berangkat. Dokter memintanya untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Mendapati jawaban yang tidak menggembirakan tersebut, otak Detri Warmanto berkecamuk. Dia kebingungan harus berbuat apa untuk menyembuhkan virus Korona yang bersarang di tubuhnya. Dia kembali berkonsultasi ke dokter menanyakan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukannya selama berada di rumah mengisolasi diri.

Kepada Detri, dokter mengatakan kalau virus Korona bisa sembuh sendiri dengan menjaga imunitas tubuh. Dengan imun yang bagus, selama 14 hari atau dua minggu, kemungkinan virus korona akan lenyap dengan sendirinya dari dalam tubuh.

“Saya bilang apa yang harus saya lakukan selama 14 hari. Dokter bilang. Pertama, jaga pikiran dulu. Pikiran kita harus positif dulu. Kita jangan marah, jangan panik, jangan emosi, jangan galau, jangan stres. Kita harus enjoy, bahagia, optimis, positif,” kata Detri Warmanto kepada JawaPos.com, Jumat (3/4).

Selain menjaga pikiran supaya selalu berpikiran positif, dokter juga memintanya untuk menjalani pola hidup yang sehat. Yaitu dengan menjaga pola makan, istirahat yang cukup dan berolahraga.

“Kedua, dalam medisnya dengan menjaga pola hidup. Dari pola tidur, pola makan, makan empat sehat lima sempurna, olahraga, terkena sinar matahari. Kalau mengerjakan itu secara teratur, imun kita katanya akan naik,” tuturnya lebih lanjut mengungkap penjelasan dokter.

Setelah mendengar keterangan dokter, Detri Warmanto bisa sedikit lega. Pada hari pertama dia berusaha melakukan adaptasi dengan situasi ini. “Hari pertama, hari pengadaptasian diri. ‘Apa yang harus saya lakukan, gue mau ngapain ya.’ Hari pertama adalah masa kegalauan saya, masa dimana saya harus ngapain,” tuturnya.

Pada hari kedua, Detri Warmanto tampak lebih bersemangat. Keinginannya untuk sehat demikian tinggi. Dia pun banyak mengkonsumsi makanan dan vitamin yang dapat menunjang kebugaran tubuh. “Setelah melewati hari pertama. Hari kedua over exited, gue harus sehat. Makan yang banyak, mengkonsumi vitamin, susu, harus kena matahari,” tuturnya.

Setelah melewati hari pertama dan hari kedua di rumah, Detri Warmanto bisa lebih menikmati hari-harinya. Sejumlah aktivitas menyenangkan dilakukannya untuk mengusir rasa bosan.

“Yang saya lakukan tiap hari. Saya bangun pagi. Ibadah, makan, olahraga, berjemur 10 sampai 15 menit, makan buah, makan sayur, kalau ada suplemen saya minum. Terus ibadah lagi, nonton video, main game, video call sama keluarga, sama anak, saya teleponan sama teman-teman,” paparnya.

Selain nonton TV dan main game, Detri Warmanto juga mengusir rasa bosan dengan selalu menjalin komunikasi dengan keluarga dan teman-temannya. Menikmati kesendirian di dalam kamar dengan sejumlah aktivitas menyenangkan, tanpa terasa waktu 14 hari pun berlalu cukup singkat bagi Detri.

Selesai masa inkubasi, dia pun melakukan rapid test sendiri di rumah. Dia dua kali melakukan test, hasilnya sama-sama negatif. Dia senang sekali karena apa yang dilakukannya selama 14 hari akhirnya membuahkan hasil.
Untuk memperkuat kalau dirinya memang benar-benar negatif, Detri Warmanto melakukan tes swab di RSPAD pada 2 April 2020 lalu.

“Hari selasa, 2 April, saya menjalani test dengan beberapa tahapan yang saya lakukan. Rontgen paru, tes darah, tes tensi, sama swab. Hasilnya semuanya bagus dan tinggal nunggu hasil swab yang sampai sekarang belum keluar. Saya optimis hasil swab berikutnya, semoga benar-benar negatif,” tandas Detri Warmanto.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Editor : Edy Pramana

Reporter : Abdul Rahman



Close Ads