Sebuah Novel yang Terinspirasi 12 Lagu Iwan Fals akan Difilmkan

3 September 2020, 20:55:16 WIB

JawaPos.com – Iwan Fals dibuat kagum oleh novelis Piter Abdullah Redjalam. Piter membuat sebuah novel bertajuk Air Mata Api yang terinspirasi dari 12 lagu Iwan.

Novel ini memiliki 12 bab yang dirangkai menjadi satu cerita menarik di balik 12 lagu Iwan Fals.

Iwan tidak menyangka bahwa ternyata bisa menginspirasi hadirnya sebuah novel. Namun, pelantun ‘Bento’ itu memiliki keyakinan bahwa sebuah karya seni bisa memiliki dimensi luas yang tak pernah terpikirkan sebelumnya.

“Kalau dalam berkesenian seperti melempar gelas ke lantai pecahannya kita nggak pernah tahu,” ujar Iwan Fals dalam peluncuran novel Air Mata Apil pada hari ini Kamis (3/9).

Iwan Fals mengakui bahwa dirinya sudah lama sekali tidak membaca buku secara serius. Namun karena novel Air Mata Api dikembangkan dari lagu-lagunya, dia pun tertarik membacanya. Membaca novel tersebut, Iwan Fals mengatakan ia diajak berimajinasi dan merenungkan kembali makna hidup.

“Mengajak kembali berpikir ulang tentang hidup. Di sini (salah satu cerita, Red) ada preman baik, anaknya juga jadi preman baik. Kayak Robin Hood gitu ya,” ucapnya.

Sementara itu, Piter Abdullah Redjalam mengatakan bahwa proses penulisan novel ini dikerjakannya selama 10 tahun lamanya.

Menulis novel Air Mata Api, Piter tidak memikirkan pendapat Iwan Fals tentang karyanya. Ia hanya bekerja sebaik mungkin untuk melahirkan karya yang apik.

Bak gayung bersambut, pihak Iwan Fals dan penerbit buku setuju bekerjasama dengan dirinya setelah dua tahun lalu Piter memperlihatkan hasil tulisannya. “Dua tahun proses kerja samanya tapi penulisannya sudah 10 tahun. Saya besar bersama lagu-lagunya Bang Iwan,” tutur Piter.

Piter mengungkapkan bahwa dirinya sejak kecil sudah menyukai lagu-lagu Iwan Fals. Beberapa lagu bahkan disebut seperti sudah menyatu dengan dirinya karena mewakili situasi yang pernah dialaminya.

“Lagu-lagu Bang Iwan bertutur dan ceritanya sangat kuat,” aku Piter.

Dalam kesempatan itu dia juga mengungkapkan buku ini akan diangkat ke layar lebar. Setidaknya ada dua film yang akan dibuat dari buku ini. Salah satunya dari lagu berjudul Air Mata Api.

Iwan pun menyambut baik rencana novel Air Mata Api dijadikan film. Dia berharap setiap lagu yang dikembangkan di dalam dalam novel ini bisa diangkat menjadi film layar lebar. “Pak Piter ini kan ada 12 lagu, bisa jadi 12 film nih. Itu maunya saya,” kata Iwan Fals sambil tersenyum.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Abdul Rahman



Close Ads